Seluruh Akses Jalan GBK Ditutup

In Utama

JAKARTA – Pembukaan perhelatan Asian Games 2018 akan diselenggarakan Sabtu (18/8). Sehingga, Ditlantas Polda Metro Jaya mengumumkan akan menutup sejumlah ruas jalan dan akan dialihkan mulai pukul 14.00 WIB. Dan penutupan jalan dilakukan mulai pukul 10.00-23.00 WIB.

Kasubdit Penegakan Hukum dan Pembinaan Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, akan ada lima rute pengalihan sejumlah arus lalu lintas saat pembukaan Asian Games. Sebanyak 1.812 personel pun disiapkan dalam mengawal lalu lintas selama acara berlangsung.

“Ada lima pengalihan arus lalu lintas, kami pun mengerahkan 1.812 untuk mengawal pembukaan Asian Games 2018,” tuturnya saat dikonfirmasi Jawa Pos (Grup Radar Depok), Jumat (17/8).

Budiyanto menyampaikan rute pertama adalah pengalihan untuk kendaraan yang berasal dari fly over Senayan dan Ladogi. Kendaraan yang datang dari Semanggi akan diarahkan lurus ke Slipi.

“Kendaraan dari arah TL Lapangan Tembak diarahkan lurus naik fly over atau belok kiri ke arah Slipi, tidak ada yang memutar di bawah fly over Skat 2. Lalu, kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke Semanggi, tidak ada kendaraan yang menuju ke arah Jalan Gerbang Pemuda,” jelas Budiyanto.

Pengalihan kedua, lanjut Budi, pada rute pintu FX Sudirman atau Jalan Pintu Satu Senayan akan ditutup pada saat upacara pembukaan Asian Games. Kendaraan dari arah Bundaran Senayan akan diarahkan lurus ke Semanggi melalui jalur cepat.

“Selain itu pintu masuk FX Sudirman yang melalui Jalan Jenderal Sudirman akan dibuka tetapi pintu keluar yang melalui Jalan Pintu Satu Senayan ditutup,” terangnya.

Selanjutnya, rute ketiga adalah pengalihan untuk kendaraan di TL Senayan City. Budiyanto menjelaskan nantinya kendaraan dari arah Jalan Mustopo menuju ke Jalan Asia Afrika diarahkan masuk ke Jalan Pakubuwono.

Lanjut rute keempat diperuntukkan pada kendaraan di perempatan Patal Senayan. Kendaraan dari arah Jalan Patal Senayan 1 menuju ke Jalan Asia Afrika diarahkan berputar balik atau dibelokan ke kiri arah Jalan Senayan 2 atau Permata Hijau.

“Rute kelima yaitu TL Lapangan Tembak. Kendaraan dari arah TL Palmerah diarahkan belok kiri menuju fly over Skat 2,” tandasnya.

Untuk diketahui saat memasuki proses opening Asian Games 2018, pintu Gelora Bung Karno yang dibuka adalah gerbang pintu 1,2,5,6,7,8,9,10 dan 11. Sedangkan pintu yang ditutup adalah gerbang pintu 3 dan 4.

Terpisah, Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa, jalan dibuka pada pukul 23.00 malam karena acara pembukaan baru selesai pukul 21.00 WIB. “Karena kan ada bubaran itu pasti memakan waktu, makanya dua jam baru dibuka,” kata dia di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (17/8).

Selain melakukan penutupan, petugas juga akan melakukan rekayasa lalu lintas agar arus kendaraan bisa lancar. Jenderal bintang dua ini menerangkan, penutupan dilakukan karena kawasan itu akan disterilkan. Nantinya, kawasan itu hanya digunakan untuk berjalan kaki. “Nanti mulai dari Mall Senayan City (Sency) akan ditutup sudah pejalan kaki semua sampai Palmerah, Jakarta,” imbuh dia.

Selain itu, panitia juga telah menyiapkan sejumlah kantong-kantong parkir untuk masyarakat yang menitipkan kendaraannya. Dari Ditlantas Polda Metro Jaya bersama penyeleggara juga telah menyiapkan bus-bus untuk mengantar para warga dan tamu undangan dari lokasi parkir menuju GBK.

“Kantong parkir di Senayan City, Lapangan Golf, di Hotel Vermount ada. Panitia siapkan shuttle bus,” tandas dia. (rgm/JPC/cuy/jpnn)

You may also read!

Pedagang dan Pemkot Depok Lawan Petamburan

DEPOK – Akhirnya pedagang dan Pemkot Depok bersatu melawan PT Petamburan Jaya Raya (PJR). Selasa (18/9), sejumlah pedagang Pasar

Read More...

Satu ASN Depok Akan Dipecat

DEPOK – Menindaklanjuti kesepakatan bersama menteri, yang tertuang dalam surat Nomor 182/6597/SJ, Nomor 15 Tahun 2018, dan Nomor 153/KEP/2018.

Read More...

PLN TJBB Depok Diontrog Karyawan Kontrak

DEPOK – Ratusan pegawai kontrak tiba-tiba ingin merangsek masuk kantor PT PLN (persero) Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB), Kelurahan

Read More...

Mobile Sliding Menu