Puncak Tema di Haraki Pre School Depok, Sambut Idul Adha Pengenalan Kurban hingga Manasik Haji

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
MANASIK HAJI: Siswa Haraki Pre School melaksanakan manasik haji dengan didampingi guru-guru di Lapangan SMPIT Al Haraki, Jalan Belimbing III, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas.

Berpakaian muslim serba putih biasanya identik dengan menunaikan ibadah haji atau umrah. Rabu (15/8) para siswa Haraki  Pre School melaksanakan kegiatan manasik haji di halaman sekolah, Jalan Belimbing III, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas.

LAPORAN: NUR APRIDA SANI

Sebanyak 31 siswa dari jenjang Kelompok Bermain (KB), TK A dan B serentak melaksanakan kegiatan tersebut. Bukan sekadar mengenakan pakaian putih, mereka diberikan edukasi tentang rangkaian kegiatan yang menyangkut dengan pelaksanaan haji.

Tepat pukul 08.00 seluruh siswa berbondong-bondong menuju lapangan SMP yang tak jauh dari sekolah. Disana, sudah tersedia Replika Kabah yang berdiri di tengah dan berjejer pula bangku-bangku kecil yang di setting seperti dalam pesawat terbang.

“Semuanya kita setting dari mulai masuk pesawat di Indonesia ke Makkah sampai rangkaian lainnya,” kata Kepala Haraki Pre School, Eka Annisa kepada Radar Depok.

Kegiatan manasik haji baru pertama kali diadakan oleh Haraki Pre School, selain karena menyambut Hari Idul Adha, juga sebagai edukasi untuk siswa sejak dini. Rangkaian haji seperti wukuf, lempar jumroh, tawaf, salat di Maqom Ibrahim, mencicipi air zam-zam, sa’i, hingga tahallul dijalani oleh siswa.

Lapangan yang tadinya sepi kini berubah dengan beberapa tangisan siswa. Ada yang sudah mulai bosan dengan kegiatannya, ada juga yang karena tak betah tanpa mengenakan alas kaki di suasana yang begitu panas.

“Alhamdulillah walaupun banyak drama, tapi tetap berlangsung khitmat dan menyenangkan,” ujarnya.

Kegiatan yang berlangsung sampai pukul 10.30 ini adalah puncak tema yang sedang dipelajari di kelas yakni “Diriku”. Sebelumnya, lanjut Eka, kegiatan sudah berlangsung selama satu minggu ke belakang.

Siswa dikenali arti berkurban saat Idul Adha, dari hewan yang akan disembelih hingga pengenalan rukun islam kepada siwa. “Semoga enam lingkup perkembangan anak, yakni nilai agama, moral, sosial emosional, daya pikir, kreasi seni, dan fisik motoriknya tercapai,” tutup Eka. (*)

You may also read!

Pedagang dan Pemkot Depok Lawan Petamburan

DEPOK – Akhirnya pedagang dan Pemkot Depok bersatu melawan PT Petamburan Jaya Raya (PJR). Selasa (18/9), sejumlah pedagang Pasar

Read More...

Satu ASN Depok Akan Dipecat

DEPOK – Menindaklanjuti kesepakatan bersama menteri, yang tertuang dalam surat Nomor 182/6597/SJ, Nomor 15 Tahun 2018, dan Nomor 153/KEP/2018.

Read More...

PLN TJBB Depok Diontrog Karyawan Kontrak

DEPOK – Ratusan pegawai kontrak tiba-tiba ingin merangsek masuk kantor PT PLN (persero) Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB), Kelurahan

Read More...

Mobile Sliding Menu