Prestasi M. Yusuf Bintang Susanto Siswa SMAN 5 Depok, Boyong Dua Medali Emas di Popnas dan O2SN Provinsi

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
BANGGAKAN SEKOLAH: Siswa SMAN 5 Depok, M. Yusuf Bintang Susanto (tengah) didampingi kepala sekolah dan Pembina Osis memperlihatkan dua medali emas yang berhasil diraih di ajang Popnas dan O2SN tingkat Provinsi Jawa Barat.

Minggu lalu SMA Negeri 5 Depok baru dikejutkan dengan prestasi anak didiknya yang menjadi bagian dalam tim paduan suara untuk bernyanyi di Istana Presiden saat HUT RI. Kini, kembali dipersembahkan oleh M. Yusuf Bintang Susanto yang mendapatkan medali emas ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Tingkat Jawa Barat.

Laporan: NUR APRIDA SANI

Bintang merupakan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Depok. Dia menjadi pembuka jalan bagi sekolahnya dalam mengumpulkan pundi-pundi prestasi di tahun ajaran 2018-2019. pasalnya, baru hampir satu bulan berjalan, sekolah yang berada di Jalan Raya Sawangan, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan ini sudah mengumpulkan dua prestasi sekaligus, baik tingkat provinsi hingga nasional.

Melalui cabang olahraga (cabor) karate, Bintang berhasil memboyong dua medali emas di Popda dan O2SN, kategori Perorangan Putra dibawah 55 Kg. Dengan raihan prestasinya itu, dia lantas masuk dan lolos menjadi wakil Jawa Barat untuk di tingkat nasional.

“Insya Allah Popnas 2019 dan O2SN di 2018. Berkat doa dari orangtua, pihak sekolah, dan kerabat lainnya saya bisa mencapai di titik kemenangan ini,” kata Bintang kepada Radar Depok.

            Sejak umur lima tahun, laki-laki berpostur tinggi ini sudah terjun ke dunia karate. Tujuan awalnya hanya untuk menjaga diri dari bahaya, namun setelah fokus mendalami ilmu dan kerap mengikuti pertandingan. Bintang mengubah mainsetnya tersebut.

“Saya semakin tekun dan giat untuk berlatih, karena fokus saya kedepan untuk mencari prestasi supaya dapat masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur prestasi (japres),” ujarnya.

Bintang menargetkan dapat menyabet juara yang serupa di kejuaraan Popnas dan O2SN tingkat Nasional, yakni medali emas. Caranya dengan rutin latihan setiap hari, baik di sekolah ataupun dengan komunitas Karatenya.

Kepala SMAN 5 Depok, Achmad Zarkasih mengatakan siswa di sekolahnya lebih banyak menghasilkan prestasi dari bidang non-akademik, ketimbang akademik. Dengan prestasi yang disabet Bintang, Ia berharap anak didiknya lain dapat termotivasi untuk melakukan hal serupa.

“Ini suatu capaian yang luar biasa dari siswa kami, tapi kami juga akan mendorong mereka bukan hanya prestasi di bidang non-akademik. Tapi akademik juga harus sejalan,” tuturnya. (*)

You may also read!

Pedagang dan Pemkot Depok Lawan Petamburan

DEPOK – Akhirnya pedagang dan Pemkot Depok bersatu melawan PT Petamburan Jaya Raya (PJR). Selasa (18/9), sejumlah pedagang Pasar

Read More...

Satu ASN Depok Akan Dipecat

DEPOK – Menindaklanjuti kesepakatan bersama menteri, yang tertuang dalam surat Nomor 182/6597/SJ, Nomor 15 Tahun 2018, dan Nomor 153/KEP/2018.

Read More...

PLN TJBB Depok Diontrog Karyawan Kontrak

DEPOK – Ratusan pegawai kontrak tiba-tiba ingin merangsek masuk kantor PT PLN (persero) Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB), Kelurahan

Read More...

Mobile Sliding Menu