Menjadi Wakil Pramuka Kota Depok, Anisa dan Reza Rasakan Pengakap Malaysia

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
PETIK MANFAAT: Kepala SMAN 7 Depok, Zarnifatma (kiri) bersama dan Wakil Kesiswaan SMAN 7 Depok, Muntianah (dua dari kanan) dengan Anisa dan Reza yang berangkat ke Pengakap Malaysia.

DEPOK – Anisa Alifia siswa kelas XII MIPA 4 dan Muhammad Reza Pamungkas siswa kelas XI IPS 2 dari SMAN 7 Depok, menjadi bagian dari perwakilan Kota Depok, untuk pramuka-pramuka yang berangkat studi banding ke Pengakap di Kuala Lumpur, Malaysia. Pengakap adalah sebutan untuk pramuka di Negeri Jiran.

Anisa mengatakan, total ada enam orang yang berangkat ke studi banding tersebut, mereka adalah pramuka-pramuka di Kota Depok, dan salah satunya Rahmad Rizki yang juga merupakan alumni dari SMAN yang berlokasi di Jalan Masjid Al-Amsir, Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Tapos.

“Tidak ada penyeleksian anggota pramuka di Depok yang berangkat. Ini adalah program dari Dewan Kerja Cabang (DKC) Kota Depok,” ucapnya kepada Radar Depok.

Anisa menjelaskan, dirinya selama enam hari berada di Malaysia. Dirinya bersama dengan lima orang dari Kota Depok lainnya, saling bertukar informasi tentang kegiatan dan program kepramukaan di negaranya masing-masing.

Menurutnya ada perbedaan antara pramuka di Indoensia dengan pengakap di Malaysia. Dimana, untuk kegiatan pengakap di Malaysia kegiatannya bermain-main yang kreatif dan menyenangkan. Kedisiplinan dalam kepramukaan, seperti baris berbaris tidak terlalu ditekankan untuk dikuasai.

“Disana cara pandangnya tentang pramuka berbeda, mereka lebih menyenangkan dengan ketrampilan dan kreatif yang sangat luas. Dan untuk seragam kepramukaan mereka adalah biru-biru,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Kesiswaan SMAN 7 Depok, Muntianah menuturkan, nantinya Anisa dan Reza akan berbagi teman-temannya di SMAN 7, tentang pengalamannya selama mengikuti kegiatan pengakap di Malaysia. Hal itu, juga bisa memotivasi siswa yang lainnya, untuk lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan kepramukaan atau hal positif lainnya.

“Nantinya Anisa dan Reza juga akan bertugas untuk memajukan kegiatan pramuka di SMAN 7. Jadi, mengambil hal-hal yang bermanfaat di pengakap, dan dilakukan penyesuaian dengan kondisi pramuka di Indonesia,” terangnya. (san)

You may also read!

Polresta, Kejari, Mandek… Kejari Menunggu Pengembalian Berkas Korupsi

DEPOK – Sepertinya Polresta Depok bisa leluasa melengkapi berkas perkara korupsi Jalan Nangka, Kecamatan Tapos. Kemarin, Kejaksaan Negeri (Kejari)

Read More...

Gara-gara Naavagreen Nyamuk Saja Jatuh, Grand Opening Hari Ini

DEPOK – Kebutuhan perawatan kulit wajah dan tubuh, sudah menjadi perhatian penting bagi perempuan maupun laki-laki. Apalagi di zaman

Read More...

Soal Limbah Situ Rawa Kalong, Pemkot Depok Tunggu Hasil BBWSCC

DEPOK – Tercemarnya Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug,  Cimanggis sudah tak terbendung. Saat ini, Pemkot Depok tengah menunggu

Read More...

Mobile Sliding Menu