Dengan Poktan Jadi Lebih Mudah Satu Poktan, 10 Anggota di Depok

In Satelit Depok, Wilayah Depok
DICKY/RADARDEPOK
TINJAU: Tim Penyuluh DKP3 Kecamatan Pancoranmas, saat mengunjungi petani ikan RW10, Kelurahan Rangkapanjaya Baru, Kecamatan Pancoranmas, Rabu (8/8).

DEPOK – Melihat banyaknya potensi petani ikan di Kota Depok, membuat Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, terus mendorong petani ikan perorangan untuk membentuk Kelompok Petani (Poktan) ikan untuk peningkatan kesejahteraan petani ikan.

Kabid Perikanan DKP3 Kota Depok, Ita Wilda mengatakan, banyak manfaat yang didapat petani ikan apabila membentuk Poktan, salah satunya pembinaan untuk meningkatkan kesejahteraan petani ikan dari pihaknya. Menurutnya, dengan terbentuknya Poktan akan membantu Pemkot Depok dalam memberikan pembinaan dan penyuluhan terhadap petani.

“Nantinya apabila terbentuk Poktan DKP3 melalui tim penyuluh akan memberikan sejumlah informasi dan masukan,” ujar Ita kepada Radar Depok, kemarin.

Petugas Penyuluh Lapangan DKP3 Kecamatan Pancoranmas, Fadly menuturkan, untuk membentuk Poktan, satu tim Poktan terdapat sepuluh anggota tani dalam satu kelurahan yang sama. Nantinya, pihaknya akan membuat pertemuan untuk pembentuan kelompok. Setelah itu, pihaknya bersama dengan petani akan membuat berita acara yang akan disampaikan ke pihak kelurahan, untuk mendapatkan sertifikat kelompok.

Fadly menjelaskan, apabila sudah terbentuk kelompok, kelompok tersebut dapat mengajukan permohonan bantuan benih ikan dalam bentuk proposal kepada Balai Benih Ikan yang berada di wilayah Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari. Fadhly menambahkan, sebelum memberikan bantuan akan dilakukan verifikasi terlebih dahulu.

“Apabila sesuai dengan permintaan bantuan akan diberikan,” terang Fadly.

Tidak hanya itu, lanjut Fadhly tim penyuluh DKP3 akan berusaha memberikan pembinaan dan penyuluhan kepada Poktan selama Poktan tersebut masih aktif. Menurutnya, kelebihan lainnya membentuk Poktan, petani ikan yang tergabung dalam Poktan akan memiliki rasa kebersamaan dan perkembangan yang merata.

“Kami juga akan melakukan validasi data ditiap tahunnya,” tutup Fadly. (dic)

You may also read!

Disdukcapil Kota Depok Bakar 30 Ribu Blangko e-KTP Rusak

DEPOK – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok memusnahkan 30 ribu blangko Elektronik KTP di Balaikota Depok,

Read More...

Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok, Disdagin Depok Operasi Pasar

DEPOK – Mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI)

Read More...

NU Depok Serukan Perkuat Kebinekaan

DEPOK – Plt Ketua PC NU Kota Depok, Ahmad Solechan menyerukan ajakan untuk memperkuat kebinnekaan dan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.

Read More...

Mobile Sliding Menu