Bagas-Bagus Tumbangkan Upin-Ipin, Garuda Asia Jumpa Thailand di Final

In Depok Sport, Utama
Sejumlah pemain Tim Nasional Indonesia menyapa suporter usai menang melawan Malaysia pada pertandingan semifinal kedua AFF U 16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, kemarin, Kamis (9/8/2018). Pada pertandingan ini Tim Nasional Indonesia mampu mengalahkan Tim Nasional Malaysia dengan kedudukan akhir 1-0.FOTO:Dipta Wahyu/Jawa Pos

SIDOARJO – Tim Nasional (Timnas) U-16 Indonesia berhasil menembus final Piala AFF U-16 2018. Anak asuh Fachri Husaini ini lolos ke partai puncak setelah menaklukkan Malaysia dengan skor tipis 1-0, Kamis (9/8). Gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Amiruddin Bagus Kahfi melalui eksekusi tendangan penalti.

Indonesia tampil cukup mendominasi sejak menit pertama. Kesempatan perdana bagi Indonesia hadir dari tendangan bebas Yudha Febrian pada menit ketiga. Sayang bola melambung tipis di atas mistar. Malaysia menerapkan permainan keras untuk meladeni Indonesia. Mereka bermain sedikit keras pada 20 menit awal babak pertama. Berulang kali wasit harus menghentikan pertandingan karena ada pelanggaran terhadap pemain Indonesia.

Kesempatan terbaik lndonesia diperoleh David Maulana pada menit ke-29. Sang kapten tim ini berlari kencang tanpa ada kawalan. Sayang ia terburu-buru dalam mengeksekusi peluang. Sepakan jarak jauhnya melambung tipis di atas gawang Malaysia. Indonesia kembali tak beruntung ketika terjadi kemelut di depan gawang Malaysia pada menit ke-32. Andai tak mengenai tiang gawang, sontekan M. Supriadi sudah bikin Indonesia unggul.

Kekurangtenangan para pemain membuat banyak peluang pada babak pertama. Walaupun unggul penguasaan bola, tim asuhan Fachri Husaini hanya mencatat dua sepakan on target. Alhasil skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum. Indonesia memasukkan Sultan Zico pada awal babak kedua, menggantikan Fajar Fathur Rachman. Kehadiran Zico membuat Amiruddin Bagus Kahfi digeser sebagai penyerang sayap.

Zico langsung menggebrak. Ia mendapat kans emas menit ke-42. Sayang bola sepakannya tersangkut di kolong kaki penjaga gawang Malaysia, Abdul Alim Al Amri. Zico kemudian mendapatkan peluang dari tendangan jarak jauh pada menit ke-45. Kali ini sepakan jarak jauhnya mendarat di pelukan kiper Abdul Alim. Kiper Alim juga berhasil mengamankan gawangnya dari tendangan bebas Bagus Kahfi pada menit ke-50.
Supriadi tak mau ketinggalan. Ia menjajal peruntungan dari jarak jauh pada menit ke-60. Sayang sepakannya bersarang di atas mistar gawang Malaysia. Berbeda dengan babak penyisihan, Indonesia banyak mengandalkan umpan-umpan panjang pada laga ini. Bola dari lini belakang langsung dikirim ke lini depan. Selain itu, Indonesia banyak melepaskan tendangan jarak jauh. Sayang akurasinya buruk.

Penonton di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pun pecah teriakannya pada menit 70. Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah Supriadi dilanggar kiper Abdul Alim di kotak terlarang. Bagus Kahfi mengeksekusi penalti itu dengan sempurna. Tembakannya bersarang ke sisi kiri gawang Malaysia. Gol, Indonesia unggul 1-0 pada menit ke-72. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga laga usai. Kemenangan ini membawa Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 2018 untuk menghadapi Thailand. (saf/jpc)

You may also read!

Tolak, Ricuh, Rata Juga

DEPOK – Sempat dibatalkan pada 1 Oktober lalu. Akhirnya 10 rumah yang ada di Kelurahan Baktijaya, Sukmajaya berhasil diratakan.

Read More...

12 Lulus Seleksi, Dua Gugur

DEPOK – Pelaksanaan seleksi untuk tiga kepala dinas, mulai mengeliminir peserta. Dari 14 Aparatur Negeri Sipil (ASN), ada dua

Read More...

Walikota Depok Harap 2025 ODHA Tak Bertambah

DEPOK – Di peringatan Hari Aids Sedunia, yang jatuh pada 1 Desember lalu. Walikota Depok Mohammad Idris berharap 2025

Read More...

Mobile Sliding Menu