Ayo Pecahkan Rekor

In Depok Sport, Utama
Chandra Satwika/Jawa Pos
Stefano Lilipay ketika merayakan gol keduanya saat melawan Taiwan, Suporter Indonesia ketika mendukung timnas saat melawan Taiwan pada babak penyisihan grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot Bekasi, Minggu 12/8/18. Indonesia menang dengan skor 4-0.

BEKASI – Timnas Indonesia U-23 sudah mempersiapkan diri menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) di babak 16 besar Asian Games 2018, Jumat (24/8) pukul 16.00 wib. Hansamu Yama dkk sudah menjalani latihan di Senayan, sejak Rabu (22/8).

Asisten Pelatih Bima Sakti menerangkan Milla banyak membagi pengalamannya ketika melatih di Uni Emirat Arab pada 2013 lalu. Tepatnya di klub Al Jazira. Dari situ, satu hal yang wajib diwaspadai adalah bagaimana pemain lawannya itu sangat bagus memancing emosi lawan-lawannya.

“Jadi anak-anak harus bisa kontrol emosi. Semangat tetap dijaga dan harus sangat berhati-hati,” jelasnya.

Seringnya Uni Emirat Arab memancing emosi lawannya terbukti dalam laga uji coba melawan Malaysia pada 10 Agustus lalu. Berawal dari pemain Uni Emirat Arab bernama Mohamed Khalfan Al Harasi yang bersitegang dengan pemain Malaysia Adib Zainudin, kerusuhan antara kedua tim terjadi. Adu jotos hingga ruang ganti pun tidak terhindari.

Karena itulah, Milla terlihat sangat berhati-hati dalam menyiapkan timnya. Beberapa kali, ada diskusi yang dilakukannya pagi kemarin di lapangan. Terutama kepada pemain-pemain senior seperti Lilipaly dan Beto.

“Tidak ada yang penting. Hanya ngobrol biasa saja. kan pas pertandingan (24/8) itu satu bulan tim ini berkumpul sejak TC. Jadi Milla ingin kekompakan tetap terjaga saja,” ucapnya.

Intinya, mantan gelandang timnas itu mengatakan Milla meminta anak asuhnya untuk benar-benar fokus di pertandingan. Fokus di strategi yang sudah dilatih, tanpa harus melihat bagaimana lawannya. “Jangan terpancing, harus bermain maksimal,” jelasnya.

Kapten tim Hansamu Yama membenarkan bahwa pelatihnya meminta tim untuk bisa tahan emosi. Jangan sampai beberapa kejadian yang selama ini merugikan tim terkait kontrol emosi terjadi di laga lawan Uni Emirat Arab. “Banyak-banyak istighfar, Insya Allah bisa, saya optimis menang,” tegasnya.

Apalagi, ada motivasi tersendiri selain ingin meraih target menembus empat besar, motivasi lainnya adalah bisa mengalahkan tim asal Timur Tengah. “Kami ingin sekali pecahkan rekor bisa menang lawan tim timur tengah. Kami ingin itu terjadi,” harapnya.

Namun, Pelatih Timnas Luis Milla tampaknya tidak ingin kondisi fisik anak asuhnya terkuras habis. Selain ingin benar-benar fit ketika melawan Uni Emirat Arab, Jumat (24/8). Pelatih asal Spanyol itu juga tidak ingin pemainnya terbebani dengan latihan keras dan target menang. Nah, dalam latihan kemarin tim dibagi jadi dua kelompok. Satu merupakan starting line up lawan Hong Kong dan sisanya pemain cadangan serta pengganti. Kedua kelompok itu mendapat materi latihan yang berbeda dari tim pelatih.

Diketahui, pertandingan sepak bola Asian Games 2018 babak 16 besar sudah dimulai Kamis (23/8). Beberapa hasil laga yang digelar hari ini menunjukkan persaingan benar-benar berat. Bahkan, wakil dari grup A yang meloloskan Indonesia, Palestina, dan Hong Kong, kini hanya tersisa tuan rumah saja.

Penyebabnya, pada pertandingan Kamis, Palestina takluk dari Syria dengan skor tipis 1-0. Gol dalam laga ini dihasilkan oleh gelandang Syria Ahmad Ashkar pada menit ke-73. Sementara itu, Hongkong yang sempat disebut sebagai tim penuh kejutan dan kuda hitam, harus takluk dari Uzbekistan dengan skor 0-3. Tiga gol tim pecahan Uni Soviet itu dihasilkan Ikromon Alibaev pada menit ke-27, Javokhir Sidikov (60′), dan Zabikhillo Urinboev (65′).

1.280 Personel Amankan Laga

Sebanyak 1.280 personel Polres Bekasi akan mengamankan pertandingan cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018 antara Tim Nasional Indonesia melawan Uni Emirat Arab di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Kapolres Metro Bekasi Kombespol Candra Sukma Kumara mengatakan, pengamanan akan dibagi dalam 4 ring. Di setiap ring terdapat personel yang menjaga keamanan.

“Kalo yang di dalam (Stadion) kami kurang lebih ada 300-an, kemudian yang di luar itu sisanya ada 1000. Ada ring 1, ring 2, ring 3, ring 4, ring 4 itu rekayasa lalu lintas. Ring 3 itu di sekitaran stadion di luar pagar. Ring 2 itu yang di dalam pagar stadion,” kata Candra, Kamis (23/8).

Ia menambahkan, pihaknya juga sudah menyiapkan lahan parkir tambahan jika area parkir stadion tidak bisa menampung jumlah kendaraan yang diperkirakan akan membludak.

“Kami alokasikan di Tupperware (lahan parkir pabrik), kurang lebih cuma 500 meter dari stadion. Kami taruh motor di situ, kemudian jika mobil dimungkinkan di parkiran Wibawa Mukti gunakan juga buat parkiran jalan. Itu bisa untuk 5000 motor,” kata dia.

Stadion berkapasitas 30.000 kursi itu diperkirakan akan terisi penuh suporter Indonesia yang antusias mendukung Tim Nasional Indonesia. (rid/jpnn/kcm)

You may also read!

Pemkot Depok Gugat Petamburan, Fokus Persiapkan Materi Gugatan

DEPOK – Pemkot Depok tidak diam dalam memperjuangkan Pasar Kemirimuka. Pasca putusan sidang Derden Verzet sengketa lahan Pasar Kemirimuka,

Read More...

Cuaca Buruk, Harga Beras di Depok Naik

DEPOK – Cuaca buruk di sejumlah daerah, berdampak pada kenaikan harga beras di Kota Depok. Meski tidak begitu besar,

Read More...

TMMD Ke-103 Depok Rampung

DEPOK – Kurang lebih 30 hari pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103, di Kecamatan Cipayung, resmi selesai

Read More...

Mobile Sliding Menu