Turap Anak Kali Gede, Kota Depok dari Sawadaya Dua RT

In Satelit Depok, Wilayah Depok
DICKY/RADARDEPOK
SWADAYA: Warga RT2 dan RT3/RW3, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, saat melakukan turap di anak Kali Gede, kelurahan setempat, kemarin.

DEPOK – Masyarakat RT2, RT3/RW3, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, secara swadaya melakukan penurapan anak Kali Gede. Pembangunan turap, merupakan insiatif masyarakat untuk mencegah longsor di kali tersebut.

Ketua RT2/RW3, Madari mengatakan, anak Kali Gede yang melintasi dua RT di RW3 kondisinya cukup memprihatinkan. Pasalnya, ada beberapa bagian turap di anak Kali Gede yang mengalami kerusakan. Apabila hal tersebut dibiarkan, kerusakan turap kali tersebut akan meluas.

“Untuk mencegah bertambahnya kerusakan kami berinisiatif melakukan perbaikan,” ujar Madari kepada Radar Depok, kemarin.

Madari menjelaskan, untuk memperbaiki turap masyarakat RT2 dan RT3 secara gotong royong atau swadaya masyarakat. Dia menilai, mencegah terjadi longsornya tanah di anak Kali Gede sehingga membutuhkan pembuatan turap sekitar 160 meter. Namun, apabila mengandalkan pengajuan Pemkot Depok akan membutuhkan waktu cukup lama, sedangkan longsornya tanah di kali tersebut biasa terjadi setiap saat, sehingga diperlukan penanganan lebih cepat.

Hal senada juga dilontarkan Ketua RT3/RW4, Sumardi menuturkan, secara swadaya mencegah terjadinya longsor telah dilakukan penurapan sepanjang sepuluh meter persegi dengan mengutakan titik rawan longsor. Pembuatan turap tersebut menghabiskan dana sekitar Rp10 juta. Dia mengapresasi kepada masyarakat yang memiliki rasa kepedulian dan menyisihkan rezekinya untuk pembangunan turap lingkungan.

“Masih ada 150 meter yang perlu diturap untuk mencegah terjadinya longsor,” tutup Madari. (dic)

You may also read!

Mediasi Aruba Gagal

DEPOK – Kisruh di perumahan Aruba Residence di Jalan Pemuda Pancoranmas, antara warga dan pengembang hingga saat ini masih

Read More...

Ribuan Santri Depok Long March Lima Kilometer

DEPOK – Ribuan santri Kota Depok mengikuti kirab santri dan melakukan long march sejauh lima kilometer, di Jalan Raya

Read More...

Walikota Depok Ajak Warga Sayangi Jantung

DEPOK – Salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia ialah jantung, yang menjadi pusatnya kehidupan. Untuk itu, Wali Kota

Read More...

Mobile Sliding Menu