Turap Anak Kali Gede, Kota Depok dari Sawadaya Dua RT

In Satelit Depok, Wilayah Depok
DICKY/RADARDEPOK
SWADAYA: Warga RT2 dan RT3/RW3, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, saat melakukan turap di anak Kali Gede, kelurahan setempat, kemarin.

DEPOK – Masyarakat RT2, RT3/RW3, Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari, secara swadaya melakukan penurapan anak Kali Gede. Pembangunan turap, merupakan insiatif masyarakat untuk mencegah longsor di kali tersebut.

Ketua RT2/RW3, Madari mengatakan, anak Kali Gede yang melintasi dua RT di RW3 kondisinya cukup memprihatinkan. Pasalnya, ada beberapa bagian turap di anak Kali Gede yang mengalami kerusakan. Apabila hal tersebut dibiarkan, kerusakan turap kali tersebut akan meluas.

“Untuk mencegah bertambahnya kerusakan kami berinisiatif melakukan perbaikan,” ujar Madari kepada Radar Depok, kemarin.

Madari menjelaskan, untuk memperbaiki turap masyarakat RT2 dan RT3 secara gotong royong atau swadaya masyarakat. Dia menilai, mencegah terjadi longsornya tanah di anak Kali Gede sehingga membutuhkan pembuatan turap sekitar 160 meter. Namun, apabila mengandalkan pengajuan Pemkot Depok akan membutuhkan waktu cukup lama, sedangkan longsornya tanah di kali tersebut biasa terjadi setiap saat, sehingga diperlukan penanganan lebih cepat.

Hal senada juga dilontarkan Ketua RT3/RW4, Sumardi menuturkan, secara swadaya mencegah terjadinya longsor telah dilakukan penurapan sepanjang sepuluh meter persegi dengan mengutakan titik rawan longsor. Pembuatan turap tersebut menghabiskan dana sekitar Rp10 juta. Dia mengapresasi kepada masyarakat yang memiliki rasa kepedulian dan menyisihkan rezekinya untuk pembangunan turap lingkungan.

“Masih ada 150 meter yang perlu diturap untuk mencegah terjadinya longsor,” tutup Madari. (dic)

You may also read!

Berangkat Haji, Wakil Walikota Depok: Saya Ingin Fokus Ibadah

DEPOK – Lebih dari satu bulan, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna akan cuti dari pekerjaannya di Balaikota Depok. Karena

Read More...

Analis Sebut Ganjil-Genap Bagus

DEPOK – Ganjil-genap di Jalan Margonda Raya saat sabtu dan minggu, dianggap sangat tepat. Adanya penerapan sistem tersebut akan

Read More...

Siluet Presiden Bertebaran di Kampung Lio Depok

DEPOK – Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Mungkin itu pesan yang disampaikan warga Kampung Limo, via gambar siluet. Menyambut hari

Read More...

Mobile Sliding Menu