Tiga Petanaha Maju, 23 Lolos Seleksi Administrasi

In Politika

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat membuka pendaftaran bagi masyarakat umum untuk menjadi Komisioner Bawaslu Kabupaten/Kota di Jawa Barat. Di Depok sendiri tiga petanaha yang saat ini menduduki posisi sebagai Komisioner Panwaslu Kota Depok, kembali mendaftar.

Laporan : Ricky Juliansyah

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI memastikan perubahan status Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten/kota di seluruh Indonesia, termasuk kota Depok dari lembaga ad hoc menjadi permanen. Meski begitu, bukan berarti Panwaslu Kabupaten/Kota yang saat ini sudah terbentuk, secara otomatis langsung dipermanenkan jabat anggota Bawaslu. Sebab Bawaslu RI akan kembali melakukan seleksi ulang.

Kasubag administrasi Bawaslu Jawa Barat Sandra Rachman membenarkan bahwa Bawaslu Provinsi membuka pendaftaran untuk masyarakat yang ingin menjadi anggota bawaslu kota dan kabupaten. Hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, pasal 128 ayat (1) yang menyatakan Bawaslu harus membentuk tim seleksi untuk menyeleksi calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota, dan pasal 128 ayat (3) yang menyatakan bahwa Tim seleksi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berjumlah 5 (lima) orang yang berasal dari unsur akademisi, profesional, dan tokoh masyarakat yang memiliki integritas.

“Untuk tahapan tim seleksi calon anggota bawaslu kota dan kabupaten sudah berjalan. Tim seleksi sudah ditetapkan, Untuk pendaftaran calon bawaslu dimulai pada 29 Juni sampai 4 Juli. Lalu pada tanggal 10 Juli dilakukan penilaian berkas persyaratan,” jelas Sandra.

Sementara, untuk pengumuman hasil seleksi administrasi pada tanggal 11 Juli, tes tertulis dimulai dari 15 sampai 22 Juli 2018. Disisi lain, pada seleksi calon bawaslu kota dan kabupaten kali ini kandidat petahana yang masih menjabat lebih diuntungkan. Karena seusai aturan mereka tidak mengikuti beberapa tahapan seleksi seperti jalur pendaftar biasa.

Untuk Bawaslu Kota Depok sendiri, berdasarkan data yang diterima Radar Depok, yang telah lolos seleksi administrasi calon anggota Bawaslu Kota Depok sebanyak 23 orang. Tiga orang diantaranya merupakan petanaha, yakni Dede Selamet Permana, Elyas Tanta Ginting dan Andriansyah.

Kemudian 20 orang lainnya, Luli Barlina, Ditta, Winda Agus Wulandari, Sulistyaningsih, M. Natsir, Sriyono, Wili Sumarlin, Ade Nuraini, M, Jaya Sukmana, Rudi Saputra, Sugeng Pribadi, Asep Syaiful Bahri Ali, Achiyanur, Fahmi Iskandar, Abdussomad, Andriyoko, Nicolas Tarigan, Gatot Sugiarto, Ahmad Soleh Firdaus Habib, dan Rudi Supriatin.

Diketahui, ada beberapa tahapan seleksi yang tidak mereka (petahana) lewati. Secara umum tahapan seleksi terbagi atas dua. Pertama untuk pendaftar baru dan PAW serta pendaftar existing yang merupakan petahana. Untuk pendaftar baru dan PAW, tahapannya yakni seleksi administasi, tes tetulis, psikologi, tes kesehatan, wawancara dan uji kelayakan dan kepatutan.

Sedangkan, petahana atau existing yakni seleksi administasi, evaluasi kinerja, psikologi, tes kesehatan dan uji kelayakan dan kepatutan, ” “Kemungkinan, untuk pertahana CAT atau tes tertulis di ganti evaluasi kinerja untuk petahana dan mereka juga tidak mengikuti wawancara,” ungkapnya.

Meski demikian, para pertahana tersebut tidak lolos langsung menjadi anggota Bawaslu kota dan Kabupaten, mereka (pertahana) akan dievaluasi yang dilakukan secara ketat. Kinerja pertahana akan dilihat oleh Bawaslu Provinsi maupun RI. Berdasarkan Juknis tahapan seleksi para anggota terpilih nanti akan kemungkinan akan dilantik pada 16 atau 17 Agustus 2018 mendatang. (*)

You may also read!

SMPIT NF Depok Berkibar di HKIMO 2018

DEPOK – Empat siswa SMPIT Nurul Fikri (NF) kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Kali ini dipersembahkan dari

Read More...

30 Taruna Diberi Penghargaan Bintang Teladan

DEPOK – Sebanyak 30 taruna SMK Nasional Depok kelas XI dan XII meraih penghargaan Bintang Teladan dari pihak sekolah

Read More...

Porseni SMAN 3 Depok Rayakan HUT ke-28

DEPOK – Dalam rangka merayakan HUT ke-28 SMAN 3 Depok, digelar kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni). Kegiatan yang

Read More...

Mobile Sliding Menu