SDIT MU Depok Laksanakan OSBA

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
SALING KENAL, KAN: Siswa-siswi kelas I melaksanakan Orientasi Siswa Baru (OSBA) sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) efektif di SDIT Miftahul Ulum, kemarin (13/7).

DEPOK – Memasuki tahun ajaran baru 2018-2019, selama dua hari SD Islam Terpadu (SDIT) Miftahul Ulum (MU) mengadakan kegiatan Orientasi Siswa Baru (OSBA) kepada 110 siswa kelas I, sejak Kamis-Jumat (12-13/7).

Wakil Kepala SDIT MU Bidang Kurikulum, Muzakkir Harun Al Rasyid mengatakan, kegiatan tersebut merupakan pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa baru kelas I sebelum mulai kegiatan belajar mengajar (KBM) secara efektif.

“Jadi mereka dikasih kesempatan dua hari untuk beradaptasi dengan guru, teman, dan lingkungan sekolah supaya tidak canggung dan gabung dengan kakak kelas II-VI,” kata Muzakkir kepada Radar Depok.

Sementara itu, Ketua OSBA, Siti Nurbaiti menjelaskan, selama dua hari tersebut siswa diberikan pengetahuan tentang kegiatan sehari-hari yang dilakukan selama disekolah. Seperti, doa bersama sebelum masuk kelas, solat dhuha bersama, dan kegiatan lainnya.

Hal tersebut dilakukan, lanjut Nurbaiti, dilakukan agar siswa dapat menyesuaikan kegiatan di SDIT MU yang sudah berbeda sewaktu mereka berada di Taman Kanak-kanak (TK). Selain lingkungan, siswa dites membaca Iqro.

“Itu untuk melihat sudah sejauh mana kemampuan mereka dalam membaca huruf arab, karena di sekolah ada program tahfiz,” ujar Nurbaiti.

Dengan masih mengenakan pakaian bebas, para siswa nampak sangat antusias menjalankan OSBA. Walaupun banyak pelajaran yang diberikan, namun mereka tetap merasa enjoy saat diperintahkan untuk mencari guru-guru sesuai dengan foto yang mereka bawa di selembar kertas.

“Di sini mereka diajarkan berani bertanya dan bersosialisasi kepada orang yang belum dikenal, dan juga diberikan pemahaman tentang kesopanan. Nanti hasilnya bisa terlihat mana siswa yang suppel, pemalu, dan lain-lain,” pungkas Nurbaiti. (san)

You may also read!

Bos First Travel Tak Hadir, Sidang Ditunda Jamaah Kecewa

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Puluhan jamaah korban First Travel kecewa, setelah Pengadilan Negeri (PN) Depok menunda sidang gugatan jamaah First

Read More...

Sehari 20 Pasutri Cerai Periode Januari-Februari 596 Kasus

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Pasangan suami istri (Pasutri) di Kota Depok, sangat mudahnya bilang cerai. Terbukti kemarin, baru medio Januari-Februari 2019 sudah

Read More...

350 PJU Dikendalikan Dari Jauh

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, terus membenahi fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di jalan protokol. Tidak sekedar PJU,

Read More...

Mobile Sliding Menu