Pradi: Tingkatkan Semangat Makmurkan Masjid di Depok

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK
KOMPAK: Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna bersama jajaran Pemkot Depok, Kapolres Depok dan sekaligus Wakapolri Komjen Syafruddin, Selasa (10/7).

DEPOK – Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengajak seluruh umat muslim di Kota Depok untuk bersama-sama meningkatkan semangat untuk memakmurkan masjid yang terdapat di lingkungan dan tempat tinggal masing-masing.

Menurut Pradi, memakmurkan masjid bukan hanya menjadi tugas para Dewan Kemamkuran Masjid (DKM) tetapi menjadi tanggungjawab umat muslim yang ada di sekitar masjid tersebut.

“Pemerintah, DKM dna masyarakat harus bersinergi untuk memakmurkan masjid. Salah satu upayanya adalah kembali meningkatkan semangat dalam memakmurkan masjid itu sendiri,” tutur Pradi kepada Radar Depok, kemarin.

Pradi melanjutkan, untuk meningkatkan semangat masyarakat dalam memakmurkan masjid, perlu membangun kesadaran, rasa memiliki dan kecintaan terhadap masjid, seperti bergotong royong membersihkan, memperbaiki dan merawat masjid itu sendiri.

“Jadi bukan hanya tugas marbot saja. Selain itu, satu sama lain pun harus mengingatkan untuk melaksanakan salat berjamaah, yang tujuannya untuk meramaikan dan memakmurkan masjid,” paparnya.

Ia mengungkapkan, selama Ramadan masjid tidak hanya menjalankan fungsi ibadah namun telah menyejahterakan umat, pengurus masjid, maupun masyarakat di sekitarnya. Namun, setelah Ramadan berakhir, masjid kembali menjadi sepi dari jamaah.

“Saft yang di hari pertama puasa terisi, lambat laun berkurang hingga menyisakan berapa saft saja. Demikian juga dengan penerimaan zakat, tromol masjid dan lainnya, ini yang perlu dicermati dan menjadi catatan. Padahal, dengan salat berjamaah, selain menunaikan kewajiban kepada Allah, juga sebagai wahana untuk silaturahmi umat,” ungkapnya.

Untuk mengelola masjid pun, sambung Pradi, Pemkot Depok sendiri telah memiliki program untuk pelatihan peningkatan kapasitas DKM se-Kota Depok. Sehingga, mereka yang menjadi pengurus DKM memiliki SDM yang baik dan pintar dalam mengelola serta memakmurkan masjid.

“Tinggal bagaimana membangun kesadaran dan semangat untuk memakmurkan masjid,” ucap Pradi. (cky)

You may also read!

Tersangka Curanmor di Depok Tewas di Hotel Prodeo

DEPOK – Ternyata Hotel Prodeo Polresta Depok sangat angker bagi tahanan. Tersangka Yulius Lucas Tahapary alias Ulis, yang terjerat

Read More...

8.243 Pengendara Ditilang

DEPOK – Ternyata pengguna kendaraan di Kota Depok belum terlalu patuh akan aturan. Faktanya, selama operasi zebra sedari 30

Read More...

Kontraktor Rusak Taman Pipit Depok

DEPOK – Akibat tidak berkordinasi sejak awal, akhirnya seluas 20 meter Taman Pipit rusak. Kuat dugaan taman yang terletak

Read More...

Mobile Sliding Menu