PKP Syarat Mendapatkan Sertifikat P-IRT

In Satelit Depok, Wilayah Depok
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
ILMU: Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Depok kembali mengadakan Pelatihan Keamanan Pangan (PKP) bagi pelaku UMKM, di Balaktop, Kecamatan Sukmajaya.

DEPOK – Dalam upaya meningkatkan kualitas produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang kuliner, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok kembali mengadakan Pelatihan Keamanan Pangan (PKP) bagi pelaku usaha. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti oleh sebanyak 25 pelaku UMKM di Depok.

“Selama dua tahun terakhir, kami rutin mengadakan pelatihan seperti ini bagi pelaku usaha mikro di bidang kuliner. Lewat PKP, mereka diajarkan bagaimana mengolah makanan secara higienis baik prosesnya maupun bahan-bahan yang digunakan,” kata Kepala DKUM Kota Depok, Muhammad Fitriawan.

Fitriawan menjelaskan, tujuan dari pelatihan agar produk-produk kuliner yang dihasilkan oleh pelaku UMKM diproses secara higienis. Dengan demikian, diharapkan kedepanya produk–produk UMKM dapat memberikan rasa nyaman dan aman saat dikonsumsi oleh masyarakat.

“Kami harapkan lewat PKP, mampu memberikan jaminan terhadap produk kuliner UMKM layak untuk dikonsumsi,” ucapnya.

PKP juga menjadi syarat untuk mendapatkan sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT). Setelah mengikuti PKP, tim survei dari Dinas Kesehatan (Dinkes) akan mengunjungi lokasi usaha dari masing-masing pelaku UMKM kuliner untuk dilakukan penilaian. “Pelaku usaha mikro yang lulus penilaian dari Dinkes akan diberikan sertifikat P-IRT,” pungkasnya. (dra)

You may also read!

150 Pelajar Diare Massal, Dinkes Depok: Tunggu Hasil Lab 14 Hari

DEPOK – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pondok Duta, tengah dirundung musibah. Sejak Rabu (10/10) hingga kemarin, sekolah di

Read More...

Depok Masuk 10 Besar Smart Sanitation

DEPOK – Warga Depok mesti tahu ini. Ternyata kemarin, Kota Depok masuk 10 nominasi Smart Sanitation Award 2018 (SSA)

Read More...

Kajian Ganjil-Genap Depok Lelet

DEPOK – Gaung penerapan sistem ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, saat weekend sabtu dan minggu sepertinya hanya angan-angan saja.

Read More...

Mobile Sliding Menu