Perebutan Tanah Eks Situ Krukut, Kota Depok Memanas

In Satelit Depok, Wilayah Depok
SANI/RADARDEPOK
MENOLAK: Ratusan warga RW1 Kelurahan Krukut, Limo bersikukuh akan mempertahankan haknya dalam kepemilikan lahan eks situ. Caranya dengan membuat spanduk penolakan, kemarin.

DEPOK – Ratusan warga RW1 Kelurahan Krukut, Limo bersikukuh akan mempertahankan haknya dalam kepemilikan lahan eks situ. Apalagi, saat ini polemik lahan tersebut sudah masuk dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Depok, akibat digugat salah satu pihak yang mengaku sebagai ahli waris lahan verponding.

Ketua RW1, Kelurahan Krukut, Husin Tohir mengatakan, pada prinsipnya dia selalu menghormati putusan hukum pengadilan dalam menetapkan yang berhak atas lahan eks situ. Namun, meski begitu dia berharap kelak akan muncul keadilan sejati dalam proses hukum, sehingga hak warga tidak terabaikan.

“Sebagai Ketua lingkungan di Rw1, Kelurahan Krukut saya sangat berharap permasalahan ini, dapat segera terselesaikan tanpa ada unsur penzoliman terhadap hak warga,” ujarnya kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Perlu diketahui, kata dia ada sekitar 143 warga yang menetap di kawasan eks situ seluas lebih kurang 7 hektar ini. Mereka memiliki sikap dan pemikiran yang sama, yakni memperjuangkan haknya sebagai pihak yang menguasai lahan selama berpuluh-puluh tahun. “Kami berharap ada solusi terbaik dalam penyelesaian masalah ini, jangan ada yang dirugikan,” ujar Husin.

Terpisah, salah satu warga di RW4, Dina mengaku, beberapa hari silam tim dari Pengadilan Negeri Depok telah melaksanakan kegiatan sidang lapangan dilokasi lahan eks situ. Ini guna memastikan letak dan luasan lahan serta kondisi riil dikawasan lahan yang disengketakan. “Iya saya lihat ada orang pengadilan ke lokasi. Warga juga menempelakan sejumlah spanduk yang menentang,” singkatnya. (san)

You may also read!

SMPN 13 Depok Dicuekin Desari-Cijago

DEPOK – Ini harus jadi perhatian Tim Pembebasan Tanah (TPT), Tol Depok-Antasari (Desari) dan Cinere-Jagorawi (Cijago). Keladinya, sampai kemarin,

Read More...

Korban Begal Payudara di Depok Divisum

DEPOK – Polresta Depok serius menangani kasus pelecehan seksual terhadap korban, SN. Terbaru, SN sudah melakukan visum dan empat

Read More...

Dishub Depok dan Ojol Buat Tiga Kesepakatan

DEPOK–Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, menggelar pertemuan dengan aplikator dan komunitas ojek online (Ojol) di Jalan Merdeka Raua, Kecamatan

Read More...

Mobile Sliding Menu