Pemerintah Harus Manfaatkan Bonus Demografi

In Politika
FOTO: Imam Budi Hartono

DEPOK – Tahun 2020, Indonesia mengalami fase bonus demografi. Artinya jumlah penduduk usia produktif mencapai 2/3 dari total jumlah penduduk. Untuk itu, Wakil Ketua Karang Taruna Jawa Barat, Imam Budi Hartono meminta agar pemerintah harus dapat memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik.

“Bonus demografi sangat erat kaitannya dengan perubahan komposisi penduduk menurut umur. Bonus demografi adalah kesempatan sekaligus tantangan yang harus direspon dan diantisipasi. Pemerintah harus memanfaatkan bonus demografi ini dengan baik,” Kata Imam Budi Hartono kepada Radar Depok, Kamis (12/7).

Pria yang akrab disapa IBH ini menerangkan, dari beberapa sumber, baik dari Badan Statistik Nasional dan Bapenas, di 2020-2040 Indonesia mendapatkan bonus demografi. Artinya, sambung politisi PKS ini,  usia profuktif 15-65 tahun akan mencapai 70 persen dibanding usia anak 0-15 dan usia tua 65 tahun ke atas.

“Diperkirakan 190 juta penduduk Indonesia di fase tersebut merupakan usia produktif. Ini sangat penting kita ketahui agar para pengambil kebijakan tidak salah menyikapinya. ” papar IBH.

Karenannya, IBH yang juga Anggota DPRD Jabar ini mengusulkan beberapa kebijakan kepada pemerintah, seperti harus ada intervensi APBD, APBD provinsi dan APBD kabupaten/kota untuk kepentingan pemuda.

Kemudian, lanjut IBH, harus ada kebijakan peraturan dari mulai Undang-Undang, Peraturan Pemerintah hingga Perda yang menyangkut kepemimpian pemuda.

“selanjutnya, berikan panggung atau kesempatan kepada pemuda untuk menjadi pemimpin dalam skala nasional maupun daerah,” ucap IBH. (cky)

You may also read!

SMPN 13 Depok Dicuekin Desari-Cijago

DEPOK – Ini harus jadi perhatian Tim Pembebasan Tanah (TPT), Tol Depok-Antasari (Desari) dan Cinere-Jagorawi (Cijago). Keladinya, sampai kemarin,

Read More...

Korban Begal Payudara di Depok Divisum

DEPOK – Polresta Depok serius menangani kasus pelecehan seksual terhadap korban, SN. Terbaru, SN sudah melakukan visum dan empat

Read More...

Dishub Depok dan Ojol Buat Tiga Kesepakatan

DEPOK–Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, menggelar pertemuan dengan aplikator dan komunitas ojek online (Ojol) di Jalan Merdeka Raua, Kecamatan

Read More...

Mobile Sliding Menu