Novi: Jadikan Depok Kota Pancasila

In Politika
Foto: Bendahara TMP Kota Depok, Novi Anggriani Munadi

DEPOK – Densus 88 kembali mengamankan beberapa orang terduga teroris di Depok. Sebelumnya, jelang Pilgub Jabar beberapa waktu lalu, kepolisian juga menembak 2 orang terduga teroris di Depok.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Depok, Novi Anggriani Munadi menambahkan, Depok juga pernah dinilai sebagai kota intoleran di Jawa Barat. Belum lagi pernah juga buku berbau radikalisme masuk sekolah dan banyak siswa yang tidak hafal Pancasila.

“Tidak bisa tidak, kita harus mewujudkan Depok sebagai Kota Pancasila,” ujar Novi, Rabu (11/7).

Sekretaris Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPC PDI-P Depok ini menjelaskan, Depok sebagai Kota Pancasila dapat diwujudkan diantaranya dengan pendidikan. Artinya pendidikan di kota Depok jangan sampai terinfiltrasi oleh ideologi–ideologi radikal.

“Mesti dibuat proteksinya seperti di sekolah – sekolah Depok mengajarkan dan mempraktikan keragaman serta solidaritas atau toleran,” tegas Novi.

Lebih lanjut Novi menerangkan, Depok sebagai Kota Pancasila bukan hanya untuk melawan paham fundamentalis. Tetapi juga meningkatkan kesejahteraan ekonomi atau mengurangi kesenjangan materi antar warganya.

“Ya seperti yang dikatakan Bung Karno, kalau Pancasila dapat diperas menjadi Trisila yakni sosio kebangsaan atau nasionalisme, sosio kerakyatan atau demokrasi dan berketuhanan. Dapat diintisarikan lagi menjadi Ekasila yakni gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Novi.

“Dengan ini semoga Depok ke adalah kota yang bersahabat atau friendly city dengan landasan gotong royong,” tutup Novi. (cky)

You may also read!

150 Pelajar Diare Massal, Dinkes Depok: Tunggu Hasil Lab 14 Hari

DEPOK – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pondok Duta, tengah dirundung musibah. Sejak Rabu (10/10) hingga kemarin, sekolah di

Read More...

Depok Masuk 10 Besar Smart Sanitation

DEPOK – Warga Depok mesti tahu ini. Ternyata kemarin, Kota Depok masuk 10 nominasi Smart Sanitation Award 2018 (SSA)

Read More...

Kajian Ganjil-Genap Depok Lelet

DEPOK – Gaung penerapan sistem ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, saat weekend sabtu dan minggu sepertinya hanya angan-angan saja.

Read More...

Mobile Sliding Menu