Novi: Jadikan Depok Kota Pancasila

In Politika
Foto: Bendahara TMP Kota Depok, Novi Anggriani Munadi

DEPOK – Densus 88 kembali mengamankan beberapa orang terduga teroris di Depok. Sebelumnya, jelang Pilgub Jabar beberapa waktu lalu, kepolisian juga menembak 2 orang terduga teroris di Depok.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Depok, Novi Anggriani Munadi menambahkan, Depok juga pernah dinilai sebagai kota intoleran di Jawa Barat. Belum lagi pernah juga buku berbau radikalisme masuk sekolah dan banyak siswa yang tidak hafal Pancasila.

“Tidak bisa tidak, kita harus mewujudkan Depok sebagai Kota Pancasila,” ujar Novi, Rabu (11/7).

Sekretaris Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) DPC PDI-P Depok ini menjelaskan, Depok sebagai Kota Pancasila dapat diwujudkan diantaranya dengan pendidikan. Artinya pendidikan di kota Depok jangan sampai terinfiltrasi oleh ideologi–ideologi radikal.

“Mesti dibuat proteksinya seperti di sekolah – sekolah Depok mengajarkan dan mempraktikan keragaman serta solidaritas atau toleran,” tegas Novi.

Lebih lanjut Novi menerangkan, Depok sebagai Kota Pancasila bukan hanya untuk melawan paham fundamentalis. Tetapi juga meningkatkan kesejahteraan ekonomi atau mengurangi kesenjangan materi antar warganya.

“Ya seperti yang dikatakan Bung Karno, kalau Pancasila dapat diperas menjadi Trisila yakni sosio kebangsaan atau nasionalisme, sosio kerakyatan atau demokrasi dan berketuhanan. Dapat diintisarikan lagi menjadi Ekasila yakni gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Novi.

“Dengan ini semoga Depok ke adalah kota yang bersahabat atau friendly city dengan landasan gotong royong,” tutup Novi. (cky)

You may also read!

SMPN 13 Depok Dicuekin Desari-Cijago

DEPOK – Ini harus jadi perhatian Tim Pembebasan Tanah (TPT), Tol Depok-Antasari (Desari) dan Cinere-Jagorawi (Cijago). Keladinya, sampai kemarin,

Read More...

Korban Begal Payudara di Depok Divisum

DEPOK – Polresta Depok serius menangani kasus pelecehan seksual terhadap korban, SN. Terbaru, SN sudah melakukan visum dan empat

Read More...

Dishub Depok dan Ojol Buat Tiga Kesepakatan

DEPOK–Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, menggelar pertemuan dengan aplikator dan komunitas ojek online (Ojol) di Jalan Merdeka Raua, Kecamatan

Read More...

Mobile Sliding Menu