KMT Seri 1001 Basi 21 Juli

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
KMT BARU : Petugas saat menunjukka Kartu Multi Trip (KMT) Commuter Line yang baru dengan jenis Felica di Stasiun Depok Baru, Selasa (17/6).

DEPOK – Para pencinta Kereta Rel Listrik (KRL), mesti tahun yang terbaru soal Kartu Multi Trip (KMT). Kemarin, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memastikan KMT bernomor seri 1001 akan kadaluarsa. Caranya, dengan menukarkan kartu sebelum 21 Juli 2018.

VP Komunikasi Perusahaan PT KCI, Eva Chairunisa mengatakan, pemilik kartu dapat melihat nomor seri KMT pada bagian belakang kartu. Bila empat angka pertama KMT miliknya terdapat 1001, maka untuk segera menukarkan KMT-nya dengan edisi terbaru.

“Sementara pemilik KMT dengan nomor seri empat angka pertama selain 1001, tidak perlu menukarkan kartu miliknya,” kata Eva, hanya kepada Haruan Radar Depok, Selasa (17/7).

Pengguna, kata dia dapat menukaran KMT di seluruh stasiun yang melayani KRL, dengan membawa KMT empat nomor seri depan 1001. Saat transaksi penukaran, petugas loket stasiun akan memeriksa status kartu tersebut. Kartu yang akan ditukar perlu memenuhi sejumlah syarat.

Pertama, kartu dapat dibaca sistem tiket elektronik KRL. Kedua, tidak terdapat ada transaksi yang belum tuntas di sistem lain, contohnya belum melakukan gate out di parkiran stasiun yang dikelola oleh PT Reska Multi Usaha.

Bila kedua syarat tersebut terpenuhi, sambung Eva, petugas akan memindahkan saldo di KMT lama ke KMT baru. “Kartu baru ini memiliki masa garansi 30 hari sejak penukaran,” jelasnya.

Menurutnya, penukaran ini penting untuk dilakukan karena mulai tanggal 21 Juli 2018 KMT dengan 4 nomor seri depan 1001, tidak dapat melakukan tap in maupun tap out di seluruh stasiun. “Hal ini terkait pembaharuan sistem elektronik KRL Jabodetabek, dan pengembangan fungsi KMT di masa depan,” bebernya.

Program ini sesungguhnya telah berjalan sejak 2017 lalu. Jadi, PT KCI meminta kepada seluruh pengguna KMT bernomor seri 1001, untuk segera memanfaatkan program penukaran ini. Karena tenggat waktu yang semakin dekat. “Selain itu program penukaran ini juga tidak dikenakan biaya apapun,” tandasnya.

Salah satu pengguna commuter line, Yasmin S mengaku, belum mengetahui adanya perihal tersebut. Pihak KCI kurang menyosialisasikannya. “Saya malah baru tahu. Ini nomor KMT saya ada 1001, coba nanti ditukarkan,” tandasnya.(irw)

You may also read!

Berangkat Haji, Wakil Walikota Depok: Saya Ingin Fokus Ibadah

DEPOK – Lebih dari satu bulan, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna akan cuti dari pekerjaannya di Balaikota Depok. Karena

Read More...

Analis Sebut Ganjil-Genap Bagus

DEPOK – Ganjil-genap di Jalan Margonda Raya saat sabtu dan minggu, dianggap sangat tepat. Adanya penerapan sistem tersebut akan

Read More...

Siluet Presiden Bertebaran di Kampung Lio Depok

DEPOK – Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Mungkin itu pesan yang disampaikan warga Kampung Limo, via gambar siluet. Menyambut hari

Read More...

Mobile Sliding Menu