Hari ke-10, KPU Depok Belum Pecah Telur

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK
SEPI: Suasana masih sepi di Kantor Sekretariat KPU Kota Depok di Jalan Kartini Raya No.19 Kelurahan Depok, Pancoranmas.

DEPOK – Hari ke-10 sejak dibuka penyerahan berkas Bacaleg pada 4 Juli. KPU Kota Depok belum pecah telur alias belum ada satu partai pun yang menyerahkan berkas kandidat untuk DPRD Tingkat II Kota Depok ke Kantor KPU Kota Depok, di Jalan Kartini, Kelurahan Depok, Pancoranmas.

“Sampai hari ini (kemarin), belum ada partai yang menyerahkan berkas Bacaleg ke KPU Depok,” kata Ketua KPU Kota Depok, Titik Nurhayati saat dikonfirmasi Radar Depok, Jumat (13/7).

Pada prinsipnya, lanjut Titik, KPU Kota Depok menerima saja seluruh berkas Bacaleg yang diberikan Parpol. “Saya tidak tahu problemnya. Coba ditanya ke partai. Tapi kalau bisa jangan tanggal 17 semua,” ucap Titik.

Komisioner Divisi Perencanaan Data dan Teknis KPU Kota Depok, Suwarna Wiryasumarta menambahkan, pada prinsipnya untuk pendaftaran Bacaleg, seluruhnya harus diunggah lebih dulu ke Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Kami hanya memeriksa apa yang diunggah di Silon,” imbuh Suwarna.

Kata Suwarna, persyaratan yang harus dibawa ke KPU atau diunggah di Silon sendiri terkait administrasi, sepanjang dipelajari aturannya, tidak akan ada kendala dan harus bolak-balik ke KPU.

“Kami pun sudah menyurati berkali-kali, apa yang harus disiapkan. Jika semua memperhatikan itu saya rasa tidak sulit, karena administrasi standar, seperti pemeriksaan kesehatan saya rasa standar, apapun kan juga diperlukan itu, juga dengan surat keterangan tidak terlibat kasus pidana dari pengadilan,” kata Suwarna.

Ia menilai, seluruh Bacaleg maupun Parpol dapat memenuhi persyaratan yang diminta. Kemudian, jauh hari Parpol pun telah membuka pendaftaran Bacaleg dan juga seleksi. Sehingga, KPU hanya melanjutkan apa yang telah diseleksi di Parpol.

“Sya kira, ketika seleksinya sudah dilakukan dengan baik, mungkin persyaratan sudah dilengkapi. Jadi, datang ke KPU sudah benar-benar sesuai ketentuan. Karena bukan KPU yang menyeleksi, tapi Parpolnya,” ucap Suwarna.

Sebelumnya, DPC Partai Hanura Kota Depok dijadwalkan akan menyerahkan berkas bacaleg pada Jumat (13/7), pukul 13:00 WIB, sesuai dengan nomor urut partainya. Namun, hal tersebut urung dilakukan.

“Semalam (Selasa 12/7) sudah koordinasi dengan KPU. Jadi, tetap hari Selasa menyerahkan berkas Bacaleg. Hari ini hanya koordinasi saja,” kata Ketua DPC Partai Hanura Kota Depok, Miftah Sunandar. (cky)

You may also read!

Berangkat Haji, Wakil Walikota Depok: Saya Ingin Fokus Ibadah

DEPOK – Lebih dari satu bulan, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna akan cuti dari pekerjaannya di Balaikota Depok. Karena

Read More...

Analis Sebut Ganjil-Genap Bagus

DEPOK – Ganjil-genap di Jalan Margonda Raya saat sabtu dan minggu, dianggap sangat tepat. Adanya penerapan sistem tersebut akan

Read More...

Siluet Presiden Bertebaran di Kampung Lio Depok

DEPOK – Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Mungkin itu pesan yang disampaikan warga Kampung Limo, via gambar siluet. Menyambut hari

Read More...

Mobile Sliding Menu