Bos First Travel Huni Kamar 4×5 meter

In Utama
IRWAN/RADARDEPOK
MENJALANI HUKUMAN: Terpidana kasus penipuan umrah First Travel, Andika Surachman di Rutan Cilodong.

DEPOK – Kasus jual beli fasilitas mewah di dalam sel Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, membesut perhatian publik. Menyusul dibongkarnya perkara itu oleh KPK, Kemenkumham melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah lapas dan rumah tahanan (rutan) di Tanah Air.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah Rutan Cilodong, Kota Depok. Di rutan tersebut, terdapat terpidana kasus penipuan ibadah umrah First Travel, Andika Surachman. Diketahui, Andika mendekam di Blok C lantai 2 dengan ukuran kamar sekitar 4×5 meter. Di kamar itu, Andika tidak sendiri. Ia harus berhimpitan dengan 16 napi lainnya, dengan latar belakang kasus yang beragam.

Kamar itu tampak cukup rapi dan bersih. Di dalamnya, tidak ada kipas angin maupun televisi. Hanya ada beberapa lemari pakaian di sana. Sebuah kamar mandi tampak di sel itu. Ukurannya kurang dari dua meter.

Untuk tidur, Andika dan sejumlah napi lainnya beralaskan tikar dan matras. Sedangkan untuk menjemur pakaian berada di luar kamar. “Ya beginilah di sini. (Fasillitas) saya sama saja dengan yang lain enggak ada fasilitas mewah,” kata Andika, kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Jika ingin menikmati hiburan atau informasi, Andika dan sejumlah napi lainnya hanya diizinkan menyaksikan tayangan televisi yang berada di ruang selasar, dekat kamar mereka. Sementara untuk persediaan air mineral, disiapkan satu dispenser dekat area televisi.

Kepala Rutan Kelas II Cilodong, Sohibur Rachman menegaskan, pihaknya tidak pernah menyediakan fasilitas berlebihan alias mewah untuk para napi. “Kami pastikan dan Anda juga bisa melihat di dalam kamar warga binaan kami tidak ada fasilitas, seperti kipas angin, dispenser, TV,” kata Sohibur.

Fasilitas tersebut, menurut dia, hanya ada di beberapa ruangan umum rutan. “TV kami berikan di area publik yang ditonton oleh dua blok, tiap blok lantai ada karena dalam payung hukum itu bisa, televisi sebagai sarana hiburan tapi bukan diletakkan di kamar. Ini yang menjadi benang merah

semua,” ujarnya.

Sohibur menjelaskan, usai penggeledahan dan temuan barang-barang mewah di Lapas Sukamiskin, ada instruksi khusus dari pemerintah pusat untuk memaksimalkan keamanan dan pengecekan setiap napi di blok. “Instruksi khusus setelah kejadian lapas Sukamiskin itu, kami harus bersih-bersih,” katanya.

Selain itu, Sohibur mengaku rutin melakukan razia terhadap para napi untuk mencegah adanya peredaran narkoba hingga penggunaan telepon seluler. Ada cukup banyak ponsel hasil sitaan yang dipampang di dalam monumen dan terkurung di dekat ruang utama rutan. Kondisi ponsel tersebut telah rusak dan dipastikan tidak dapat digunakan kembali.

Hingga saat ini, jumlah keseluruhan napi di rutan seluas 24 hektare tersebut ada sekitar 1.184 orang. “Untuk kapasitas rutan diperkirakan, mencapai 1.130 orang sebetulnya over kapasitas tapi sedikit,” ujarnya.

Di dalam rutan ini terdiri dari tiga blok. Setiap blok diisi oleh sekitar 300 napi. Penjagaan melibatkan hampir 90 orang petugas sipir dibantu dari unsur TNI-Polri. Tak hanya itu, di rutan ini juga dilengkapi dengan puluhan kamera pengintai atau cctv, pintu detektor dan beberapa anjing pelacak.

“Di sini ada blok A, B dan C. Luas kamarnya beda-beda, ada yang kecil dan besar. Paling besar diisi 200 orang tapi ini kita akui memang kurang nyaman namun karena huniannya banyak maka memang harus disebar. Karena dengan kapasitas kecil namun harus menampung banyak orang, pasti tidak akan nyaman,” ujarnya.

Di rutan tersebut juga ada blok khusus wanita yang berlokasi di bagian depan. Istri Andika, Annisa Hasibuan dan adik Annisa, Kiki Hasibuan berada di blok khusus itu. Keduanya berada di sel dengan jumlah penghuni yang lebih banyak. Namun, kondisi sel dengan satu kamar mandi itu pun terlihat cukup bersih. (viv/net)

You may also read!

rehab bangunan SMPN 8 Depok

Rp2,3 Miliar untuk Rehab SMPN 8 Depok

TINJAU : Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin didampingi Kepala SMPN 8 Depok, Paeran

Read More...
Presiden Jokowi penghargaan di Singapura

Jokowi Raih ‘Asian of the Year 2019’

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama kurator Oscar Motuloh saat mengunjungi pameran fotografi Membangun Indonesia di

Read More...
Instagram

Akan Ada Batas Usia Pengguna Instagram

ILUSTRASI   JAKARTA - Akan ada perubahan dari Instagram di platform mereka pada tahun depan. Nantinya, pengguna

Read More...

Mobile Sliding Menu