Besok, Seleksi Gelombang ke-3 Persikad 1999

In Depok Sport, Satelit Depok, Wilayah Depok

DEPOK – Tim Persikad 1999 akan menjadi tim yang memiliki kualitas permainan tinggi, kompossi pemain yang lengkap dan kuat dalam bertahan, maupun menyerang.

“Itu visi saya untuk tim ini,” ujar Kepala Pelatih Tim Persikad 1999, Bachtiar Ibrahim kepada Radar Depok, Jumat (27/7).

Demi mencapai visi tersebut, Persikad 1999 akan melakukan seleksi pemain gelombang ke-3 di Stadion Merpati, Jalan Gelatik Raya Nomoer 43, Kelurahan Depok Jaya pada Minggu (29/7) pukul 12:00.

Berbeda dengan seleksi sebelumnya, seleksi kali ini membuka kesempatan untuk pemain muda usia dibawah 20 tahun dari luar Kota Depok. Dengan prosedur pendaftaran dan kriteria penilian yang sama dengan pemain lokal.

”Kami mencari pemain dari luar daerah yang memiliki kualitas diatas pemain lokal. Kalau tidak diatas, buat apa?,” ucapnya.

Menurut Bachtiar, kualitas permainan, kemampuan individu dalam mengolah bola dan tehnik permainan yang mumpuni merupakan aspek penting dalam membangun sebuah tim.

“Ditambah dengan wawasan pertandingan dan ketenangan dalam permainan ,” imbuhnya.

Ketika dimintai keterangan tentang visinya untuk tim Persikad 1999, Bachtiar membocorkan formula khusus yang akan diterapkannya dalam tim. Dimulai dengan formasi permainan.

“Kita punya dua opsi. Yakni 4-4-2 dan 4-3-3. Tergantung kebutuhan,” katanya.

Untuk pola permainan menyerang, lanjut Bachtiar, Dia akan menggunakan pola 4-4-2.

”Disini kita mengandalkan kecepatan dan ketajaman pemain sayap untuk bermanuver di daerah pertahanan lawan sambil menyuplai bola ke dua orang striker di tengah,” ucap mantan pemain Persikad Depok tersebut.

Sedangkan pola permainan 4-3-3 akan diterapkan dalam pertandingan yang memerlukan gaya permainan seimbang. Yakni, kuat dalam bertahan, maupun menyerang.

”Untuk formasi ini, tim akan bergantung pada keterampilan pemain gelandang untuk menyuplai bola kedepan ketika menyerang, dan ikut bertahan ketika diserang,” katanya.

Selain formasi dan gaya permainan, bachtiar juga membedah posisi pemain dalam tim dan menguraikan visinya tentang komposisi pemain.

”Saya mencari pemain yang kuat fisiknya, skill individunya bagus, dan kuat berduel dilapangan,” tuturnya.

Dimulai dari kiper. Bachtiar mengaku, Dia mengidamkan pemain yang tenang dan mampu bermain dengan gaya modern. Yaitu, selain memiliki kemampuan menangkap bola yang baik, Dia juga mampu mengendalikan pemain bertahan yang ada di didepannya.

”Untuk itu, kami perlu kiper yang pandai membaca pola menyerang lawan,” kata Bachtiar.

Maju sedikit ke depan, Bachtiar berniat membentuk tim yang memiliki barisan pertahanan yang kokoh. Terdiri dari barisan pemain berpostur tinggi, memiliki ketenangan dalam bermain dan semangat juang yang tinggi.

”Pemain belakang harus keras, tapi tetap sesuai aturan,” ujar Bachtiar yang juga merupakan pemain bertahan pada masa aktifnya dulu.

Untuk pemain tengah, lanjut Dia, Bachtiar mencari sosok jenderal lapangan, inspirator pemain lain dan penggerak tim. Selain mampu membantu pertahanan, gelandang yang Dia cari harus mampu mengalirkan bola dengan baik bagi striker di depannya.

”Gelandang harus yang berani, cepat, skill individunya baik dan memiliki semangat juang tinggi. Tidak peduli dia pendek atau tinggi,” tambah Bachtiar.

Untuk pencetak gol, Bachtiar mencari striker yang dapat membaca pola pertahanan lawan, mampu menciptakan peluang dan melahirkan banyak gol.

”Striker harus brilian. Cerdik menambil keputusan sambil melakukan penetrasi ke daerah pertahanan lawan,” katanya.

Bachtiar juga menginginkan pemain depan yang kokoh dan sanggup berjibaku dengan pemain bertahan lawan. Untuk itu, dia mencari pemain depan yang memiliki kecepatan dan insting yang baik.

”Tentunya dengan kemampuan fisik yang mumpuni,” imbuhnya.

Menurut Bachtiar, aspek terpenting yang harus dimiliki pemainnya adalah tanggung jawab dalam menjalankan instruksi dan kepercayaan pelatih. (mg2)

You may also read!

ABG Enjoy Bercinta di Depan Polisi Kumpul Kebo Dikontrakan Pancoranmas

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Remaja di Kota Depok sudah kebablasan dalam bergaul. Senin (25/3) dini hari, sebuah kontrakan, yang sempat menjadi base

Read More...

603 Siswa SMK Numpang UNBK

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Seluruh siswa kelas XII SMK Negeri dan Swasta di Indonesia menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin-Kamis (25-28/3).

Read More...

BTFA Tembus 16 Besar Piala RK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Beji Timur Football Academy (BTFA) kembali membuktikan eksistensinya di kancah pembinaan pesepak bola usia dini Jawa

Read More...

Mobile Sliding Menu