Berkembangnya Peternakan Burung Salam di Bojongsari, Kota Depok

In Satelit Depok, Wilayah Depok
DICKY/RADARDEPOK
KUNJUNGI: Anggota DPRD Kota Depok, Qonita Luthfiya bersama Aparatur Kecamatan Bojongsari saat mengunjungi peternakan burung Salam di Jalan Aliandong, Kelurahan/Kecamatan Bojongsari, Rabu (18/7).

Usaha apabila ditekunkan akan membuahkan hasil. Hal itulah yang menjadi dasar Nursalam, peternak burung Love Bird di Kelurahan/Kecamatan Bojongsari. Bermodalkan 10 ekor Love Bird, kini berkembang menjadi 20 ekor dan menghasilkan uang Rp1 Juta tiap bulannya.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Puluhan kandang dan satu kandang besar, Nursalam peternak Love Bird sedang melakukan perawatan dan pemberian pakan burungnya. Menggunakan halaman rumahnya, terpampang berbagai jenis burung yang recananya akan dikembangbiakan kembali untuk dijual maupun menjadi koleksi pribadinya.

Disaat pemberian pakan, Salam mengatakan, berawal dari sekedar hobi memelihara burung, dia mencoba untuk mengembangkan kembali sehingga mampu menambah kebutuhan ekonomi untuk menghidupi keluargannya. Dengan menggunakan kandang yang cukup besar, sebanyak 10 pasang Love Bird dia coba kembangbiakan.

“Sudah tujuh bulan saya mencoba untuk mengembangbiakan Love Bird sambil sekedar mengisi waktu luang,” ucap Salam.

Pria yang kerap menggunakan peci merah tersebut mengungkapkan, mengembangbiakan Love Bird dibutuhkan ketelatenan dan ketekunan. Seperti pemberian pakan, perawatan berkala, dan kebersihan kendang. Menurutnya, hal itulah yang menjadi kunci dalam beternak burung yang memiliki keindahan warna tersebut.

Pria yang juga sebagai anggota Tagana tersebut menambahkan, sudah ada 20 Love Bird yang berhasil diternakan. Selama tiga bulan, dia mampu menghasilkan uang sebanyak Rp3 juta. Berbeda dengan indukan atau biangnya memiliki kualitas baik, akan menghasilkan uang sebesar Rp7 juta.

Tidak hanya Love Bird, lanjut pria yang juga menyukai batu akik tersebut menuturkan, dihalaman rumahnya memiliki burung Flamboyan, Cito, Murai Lampung Kacer, dan beberapa burung lainnya. Dia berharap, perkembangbiakan burung dapat terus berkelanjutan, sehingga akan menambah koleksi burung yang dia miliki.

“Akan saya terus coba kembangbiakan jenis burung lain selain Love Bird,” tutup Salam. (*)

You may also read!

Mediasi Aruba Gagal

DEPOK – Kisruh di perumahan Aruba Residence di Jalan Pemuda Pancoranmas, antara warga dan pengembang hingga saat ini masih

Read More...

Ribuan Santri Depok Long March Lima Kilometer

DEPOK – Ribuan santri Kota Depok mengikuti kirab santri dan melakukan long march sejauh lima kilometer, di Jalan Raya

Read More...

Walikota Depok Ajak Warga Sayangi Jantung

DEPOK – Salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia ialah jantung, yang menjadi pusatnya kehidupan. Untuk itu, Wali Kota

Read More...

Mobile Sliding Menu