Bebas Keluyuran Sampai Incrah

In Utama
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
ASET MOBIL FT : Salah satu mobil milik First Travel yang berada di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Kota Depok, Jumat (20/7).

DEPOK – Mulai sekarang jangan aneh, jika melihat lima dari sebelas mobil barang bukti kasus First Travel lalu-lalang di jalan. Apalagi kemarin, Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok pastikan lima mobil pinjam pakai tersebut, dikembalikan sampai putusan persidangan Incrah.

Kepala Kejaksaan Negeri Depok, Sufari mengatakan, barang bukti First Travel berupa mobil yang di pinjam pakai oleh pemohon, hingga putusan incrah. Saat ini pemohon bebas menggunakan mobil barang bukti FT. Tapi menurutnya, meski demikian. Barang bukti yang dipinjam pakai tidak boleh pindah tangan. Apalagi, sampai mengubah bentuk kendaraan.

“Kalau itu sampai terjadi, akan menjadi tanggung jawab pemohon,” tegas Sufari kepada Harian Radar Depok, selepas  acara Halalbihalal dan Syukuran Peringatan Hari Bhakti Adhiyaksa ke-58 di Kantor Kejaksaan Negeri Kota Depok, kemarin.

Proses pinjam pakai, kata dia sudah ada sejak masa penyidikan, jadi sampai saat ini juga bisa pinjam pakai. Meski demikian, untuk mengijinkan pinjam pakai pihaknya harus selektif. Sebelum mengijinkan pinjam pakai, pemohon juga menunjukan bukti-bukti berupa Akta Jual Beli (AJB), Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB), dan Kuitansi. “Prosesnya di tanya dulu oleh terdakwa, dan ternyata benar milik pemohon,” terang pria berkumis ini.

Sufari menjelaskan, awalnya ada sebelas mobil, dipinjam oleh pemohon lima karena kondisinya rusak. “Kondisinya rusak, ndak bisa jalan. Jadi pemohon membawa satu persatu,” katanya.

AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
ASET MOBIL FT : Salah satu mobil milik First Travel yang berada di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Kota Depok, Jumat (20/7).

Sementara itu, Humas Pengadilan Tinggi Jawa Barat, Raymond mengatakan, memang terdapat dua terdakwa kasus First Travel yang mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Jawa Barat. Ada dua yang mengajukan banding, yaitu terdakwa kasus First Travel Andika Surachman dan Direktur First Travel Anniesa Hasibuan yang sebelumnya diputus 20 tahun kurungan penjara.

Sedangkan terdakwa Siti Nuraidah alias Kiki menerima dengan hukuman 18 tahun penjara yang ditetapkan pleh pengadilan Negeri Kota Depok.

Perlu diketahui, sebuah video merekam Pajero putih dengan nomor polisi F 111 PT berkeliaran di kawasan Jakarta Timur. Hal itu membuat tanda tanya, karena mobil tersebut adalah satu satu aset milik First Travel yang disita terkait kasus penipuan yang dilakukan pasangan suami istri sekaligus pemilik usaha tersebut, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan.

Selama ini, sejumlah aset milik First Travel yang disita sebagian ada di Kejaksaan Negeri Depok. Munculnya, mobil Pajero putih itu membuat jemaah yang menjadi korban penipuan bertanya-tanya. Bagaimana mungkin aset yang disita ada di jalanan. Apalagi, mereka belum menerima timbal balik apapun meski kasus itu sudah diputus.

“Kami jadi bingung di mana sebenarnya fisik barang yang disita tersebut, bahkan kami sempat memvideokan. Sayangnya ketika diikuti, pengendara sadar dan kami kehilangan jejak,” kata Kuasa Hukum Jemaah First Travel dari Advokat Pro Rakyat, Riesqi Rahmadiansyah.

Untuk menelusuri keberadaan aset-aset yang disita, kuasa hukum jemaah yang menjadi korban dan kuasa hukum Andika dan Anniesa sepakat bersatu. Tujuannya untuk memastikan aset apa saja yang sita dan mungkin juga belum disita.

“Kuasa hukum baik dari jemaah maupun masih memiliki harapan bahwa ada aset yang masih dapat bisa kita kumpulkan dan kita temukan agar dapat disita dan jika nanti di tingkat banding atau kasasi asset tersebut tidak kembali disita untuk negara agar segera digunakan untuk memberangkatkan jemaah,” jelas Riesqi.

Menurutnya, ada dua dimensi hukum dalam kasus First Travel (FT). Pertama, persoalan pencabutan lisensi yang berujung gagal berangkat calon jemaah. Kedua, persoalan aset yang menurutnya ada suatu keanehan. Mereka khawatir ada pihak yang memanfaatkan momen ini untuk mengambil keuntungan pribadi.

“Karena kami sudah pegang daftar aset yang dimiliki Andika selama memiliki First Travel selama 9 tahun. Dan akan kita cocokkan jika nanti kita sudah dapatkan dokumen resmi dari Kejaksaan terkait aset yang sudah disita untuk negara,” tegasnya.(mdk/rub)

You may also read!

Maulid Nabi Muhammad SAW di SDN Depok Jaya 1

970 Siswa SDN Depok Jaya 1 Ikut Rayakan Maulid Nabi

KEAGAMAAN : Ustadzah Lulu Susanti sedang menyampaikan tausiahnya  yang menghibur dalam kegiatan Maulid Nabi Muhamad

Read More...
perayaan natal TK Tirtamarta BPK Penabur Cinere

Keberanian Yusuf di Natal TK Tirtamarta BPK Penabur Cinere

IBADAH : Pendeta Tumpal Tobing sedang mengajak anak, orang tua, dan guru untuk berdoa dalam

Read More...

Ujian Nasional Diganti Sistem Penilaian Berbobot Penalaran

SERIUS : Sejumlah siswa saat mengerjakan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri

Read More...

Mobile Sliding Menu