Asa Katar Kecamatan Bojongsari, Depok (3-Habis) Manfaatkan Lahan Tidur, Ternak Ikan Disaluran

In Metropolis
DICKY/RADARDEPOK
BEBERSIH : Anggota Katar Kecamatan Bojongsari saat membersihkan aliran irigasi di depan kantor Kecamatan Bojongsari, kemarin.

Kepedulian Karang Taruna Kecamatan Bojongsari terus ditunjukan. Rencananya, Katar Kecamatan Bojongsari akan memanfaatkan sejumlah lahan tidur diwilayah Kecamatan Bojongsari, untuk menjadi produktif.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Sejumlah anggota Katar Kecamatan Bojongsari, tengah asik membersihkan saluran irigasi depan kantor Kecamatan Bojongsari. Tidak sedikit sampah dan bebatuan diangkat keatas permukaan untuk memudahkan aliran air irigasi tersebut.

Usai membersihkan saluran irigasi, Ketua Katar Kecamatan Bojongsari, Syaipudin mengatakan, untuk memberikan contoh kepada masyarakat, Katar Kecamatan Bojongsari akan melakukan gerakan pemanfaat lahan tidur maupun saluran yang berada diwilayah Kecamatan Bojongsari.

“Kami akan menyulap saluran irigasi depan kantor Kecamatan Bojongsari untuk diberikan ikan,” ujar Syaipudin.

Pria yang menyukai makanan tradisional tersebut mengungkapkan, untuk melancarkan gagasan tersebut. Anggota Katar Kecamatan Bojongsari telah membersihkan saluran irigasi. Tidak hanya itu, anggota akan melakukan pengecatan dinding disekitar saluran sebelum diberikan ikan. Hal itu dilakukan sebagai gerakan memanfaatkan saluran untuk kegiatan positif, dan sebagai kampanye masyarakat untuk tidak membuang sampah dalam saluran air.

Rencananya, lanjut Syaipudin, saluran irigasi akan diberikan ikan sebanyak 2.000 ekor. Ikan yang akan ditebar disaluran irigasi jenis mujair dan nila dengan ukuran sedang maupun biangan. Menurutnya, jenis ikan tersebut mampu bertahan di air tawar dan mudah dalam perkembangbiakan.

“Kami ingin ikan yang kami tebar dapat menggerakan masyarakat melakukan hal yang sama,” terang Syaipudin.

Tidak hanya itu saja, sambung Tokoh Muda Kelurahan Curug tersebut, Katar Kecamatan Bojongsari akan memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif. Dia telah memetakan ada sejumlah lahan tidur milik pengusaha, ditanami semak belukar sehingga kurang produktif. Untuk itu, pihaknya akan membuka lahan tersebut dengan izin terlebih dahulu untuk menjadi produktif. Selain itu, empang atau kolam ikan yang tidak digunakan tidak luput dari sasaran Katar Kecamatan Bojongsari untuk disulap menjadi bermanfaat.

Syaipudin menambahkan, lahan tidur banyak terdapat diwilayah Kelurahan Duren Mekar, Duren Seribu, dan Curug. Rencananya, untuk lahan tidur akan dilakukan penanaman maupun pengembangan sejumlah pohon untuk peningkatan kemampuan Katar dalam bidang pertanian.

“Semoga upaya yang akan kami lakukan dapat terealisasi untuk memajukan Katar Kecamatan Bojongsari,” tutup Syaipudin. (*)

You may also read!

Asep Kalap Lihat Paha Bule, Pemerkosa-Pencuri WNA Jerman di Depok Ditangkap

DEPOK – Asep Maulana sudah mengenakan kaos berwarna orange dengan tulisan tahanan, saat masuk hotel prodeo Polresta Depok. Pria

Read More...

Tujuh Rumah Gedong Numpang Listrik, Developer Aruba Residence Depok Putus Aliran

DEPOK – Entah apa permasalahannya sampai-sampai developer Aruba Residence berbuat tega seperti ini. Selama sembilan hari, tujuh rumah mewah

Read More...

Sehari 60 Orang Buat Kartu Kuning

DEPOK – Selain Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Ternyata, pemohon pembuatan Kartu Kuning atau AK1 juga mengalami peningkatan   kemarin.

Read More...

Mobile Sliding Menu