Arah Kiblat Geser

In Utama
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
KHUSYUK : Umat muslim saat melaksanakan ibadah salat di Masjid Balaikota Depok.

DEPOK – Umat muslim di Kota Depok diminta siap-siap menyesuaikan arah kiblat. Kementerian Agama (Kemenag) memastikan adanya pergeseran, akibat matahari akan melintasi Kakbah pada tanggal 17-18 Juli 2018.

Kepala Kemenag Depok, Asnawi mengungkapkan, memang Kemenag Pusat sudah menginformasikan hal tersebut melalui surat yang diterimanya. Jadi, warga Depok mesti menyesuaikan bila benar ada pergeseran arah kiblat. “Harus menyesuaikan. Pas tanggalnya warga mesti mengikuti ajuran yang sudah ditetapkan,” singkatnya kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Terpisah, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Juraidi menjelaskan, berdasarkan data astronomi, Minggu (17/7) dan Senin (18/7) lusa. Matahari akan melintas tepat di atas Kakbah. Peristiwa alam ini akan terjadi pada pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA.

“Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Kakbah,” terang Juraidi, Jumat (13/7).

Menurutnya, peristiwa semacam ini dikenal juga dengan nama Istiwa A’dham atau Rashdul Qiblah. Yaitu, waktu matahari di atas Kabah di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.

Momentum ini, lanjut Juraidi, bisa digunakan bagi umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblatnya. Caranya adalah dengan menyesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah.

Sementara, salah satu warga, Siti Khaerunisa mengungkapkan, pergeseran arah kiblat sudah terjadi beberapa kali. Jika hal ini benar, semua umat muslim mesti mengikutinya supaya kekhusyukan dalam beribadah bisa afdol. “Ini sepertinya bukan yang pertama kali. Mau tidak mau ya harus dilakukan pergeseran itu,” tandas warga Kelurahan Baktijaya, Sukmajaya ini. (jpnn/rub)

You may also read!

Polresta, Kejari, Mandek… Kejari Menunggu Pengembalian Berkas Korupsi

DEPOK – Sepertinya Polresta Depok bisa leluasa melengkapi berkas perkara korupsi Jalan Nangka, Kecamatan Tapos. Kemarin, Kejaksaan Negeri (Kejari)

Read More...

Gara-gara Naavagreen Nyamuk Saja Jatuh, Grand Opening Hari Ini

DEPOK – Kebutuhan perawatan kulit wajah dan tubuh, sudah menjadi perhatian penting bagi perempuan maupun laki-laki. Apalagi di zaman

Read More...

Soal Limbah Situ Rawa Kalong, Pemkot Depok Tunggu Hasil BBWSCC

DEPOK – Tercemarnya Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug,  Cimanggis sudah tak terbendung. Saat ini, Pemkot Depok tengah menunggu

Read More...

Mobile Sliding Menu