4 Siswa MI Al-Muhajiriyah Depok Juara KWN Nasional

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
SOWAN: Walikota Depok, Mohammad Idris (tiga dari kiri), mendampingi dua siswa MI Al-Muhajiriyah, Rasya Daffa Akbar dan Alifa Riskiana Elfasya, yang akan berangkat ke Jepang setelah berhasil menjadi juara Kids Witness News (KWN) tingkat Nasional.

DEPOK – Biasanya pembuatan film identik dengan siswa yang berada di jenjang SMA/SMK. Namun, kini ternyata siswa-siswi dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Muhajiriyah Depok sukses menjuarai Kids Witness News (KWN) tingkat Nasional.

Mereka menjadi juara I untuk kategori sekolah dasar (primary school) pada ajang yang digelar Panasonic Gobel 18 Juli lalu.

Kepala MI al-Muhajiriyah, Zubaidah menjelaskan, KWN merupakan lomba membuat film pendek. Di lomba ini, siswa diminta membuat naskah film dengan durasi maksimal 5 menit untuk difilmkan dan diperankan oleh mereka.

“Sebelum penulisan naskah dan film, siswa-siswi mengikuti workshop tentang penulisan naskah, pengambilan gambar dan juga akting. Lalu mereka dilatih oleh para sineas Indonesia,” kata Zubaidah kepada Radar Depok.

Sebanyak empat siswa MI al-Muhajiriyah terlibat dalam penulisan naskah dan pembuatan film. Mereka adalah Rasya Daffa Akbar, Alifa Riskiana Elfasya, Nahdan Syiraj Fauzi Naim, dan Ahmad Faiz.

Sebelum mulai menggarap film, mereka berdiskusi dan memutuskan untuk menulis naskah film dengan judul ‘Senyuman Ajaib (Magic Smile)’. Pesan film pendek ini adalah dengan senyuman suasana akan damai, rasa takut, marah, akan hilang dengan senyuman, dan senyuman itu ibadah.

“Panitia menerima 250 naskah film kemudian dipilih tiga terbaik. Alhamdulillah, tim dari MI Al-Muhajiriyah terpilih sebagai terbaik pertama,” jelas Zubaidah.

Sebagai bentuk apresiasi, Panasonic Gobel memberikan hadiah berupa kamera dan uang pembinaan sebesar 10 juta. Selain itu, tim MI al-Muhajiriah terpilih untuk  mewakili Indonesia menghadiri dan mengikuti kompetisi global di KWN Global Summit 2018 di Jepang, 24-28 Juli 2018 depan.

“Sekali lagi alhamdulillah, sebab Panasonic Gobel akan menanggung semua biaya ke Jepang. Hanya dua siswa yang akan ke Jepang, yakni Rasya Daffa Akbar dan Alifa Riskiana Elfasya. Semoga di sana mereka juga menang,” pungkas Zubaidah. (san)

You may also read!

Puskesmas Kemirimuka Sempatkan 10 Menit untuk Peregangan

SENAM : Puskesmas Kemirimuka melakukan gerak peregangan 10 Menit disela-sela pelayanan. FOTO : GHEA PATTIA/RADARDEPOK   RADARDEPOK.COM,

Read More...

Jumat Kaya Manfaat di SMPN 22 Depok

SEHAT : Guru dan siswa SMPN 22 Depok sedang melakukan senam bersama, Jumat (18/10). FOTO

Read More...

Lulusan Pesantren Makin Mendapat Pengakuan dari Negara

ILUSTRASI   JAKARTA - Disahkannya UU Pesantren memberikan ruang pengakuan bagi santri setelah menamatkan studinya. Pasalnya, selama

Read More...

Mobile Sliding Menu