Turap KCT, Kota Depok Butuh Rp40 M

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
AKAN DITURAP : Tampak terlihat kondisi turap yang berada di kali cabang tengah, Tanah Baru, kemarin. Pemerintah Kota Depok berencana akan membuat turap di sepanjang kali cabang tengah yang berada di kawasan tersebut.

DEPOK – Perbaikan turap Kali Cabang Tengah (KCT) di sepanjang Jalan Tanah Baru, di Kecamatan Pancoranmas dan Beji, diperkirakan menelan dana sekitar Rp40 miliar. Adanya perbaikan tersebut menyusul sebelumnya, turap longsor di RT1/1, Kelurahan Tanah Baru,  Beji, Selasa (29/5/).

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menuturkan, untuk perbaikan seluruh turap di sepanjang Jalan Tanah Baru di sisi Kali Cabang Tengah, membutuhkan dana anggaran besar mencapai Rp40 miliar.

Pemkot Depok, kata Pradi, sudah meminta ke Pemprov Jawa Barat untuk melakukan intervensi rencana perbaikan menyeluruh seluruh turap di Kali Cabang Tengah tersebut.

“Dari hitungan kami, anggaran untuk perbaikan turap seluruhnya di Jalan Tanah Baru ini cukup tinggi. Mencapai Rp40 miliar,” ucap Pradi, kepada Radar Depok.

Sehingga Pemerintah Kota Depok meminta kepada provinsi Jawa Barat untuk intervensi terhadap perbaikan ini.

Sementara, kata dia, dari Pemkot Depok nantinya perbaikan dan pembangunan dari sisi jalannya.

“Jadi kita bagi-bagilah,” kata dia. Menurut dia, dana Rp40 miliar hanya untuk perbaikan turap, belum termasuk penataan kali.

“Kalau ditambah penataan, termasuk dengan grojokan atau air terjun dan jembatannya, bisa mencapai triliunan,” katanya.

Selain meminta intervensi dari Pemprov Jawa Barat untuk turap, pihaknya juga sudah memasukkan program kerjasama dengan Pemprov DKI di wilayah perbatasan di sepanjang Kali Cabang Tengah di Jalan Tanah Baru, Depok.

“Untuk daerah di Jalan Tanah Baru ke sana, yang masuk ke perbatasan sudah dimasukkan programnya untuk kerjasama dengan DKI,” tuturnya.

Turap Kali Laya, di Cimanggis, sudah beberapa kali ambrol dan longsor karena perbaikan turap dilakukan sepotong-sepotong dan tidak komperehensif.

“Jadi ke depan agar penanganan komperehensif, maka Provinsi Jabar menangani turap kalinya karena wewenang dia, kita jalannya dan nanti DKI perbatasannya,” terang Pradi.

Sementara, Kabid Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, perbaikan turap di sepanjang Kali Cabang Tengah Jalan Tanah Baru, memang sudah direncanakan akan diturap.

Namun sekarang ini tahapan perawatan dari SDA. “Sudah dihitung totalnya Rp 40 miliar, itu pun kita sudah ajukan ke Pemrov Jabar,” katanya singkat. (irw)

You may also read!

Mengulik Program DKR Kota Depok, Peringati Hari Kesehatan Nasional, Adakan Dialog Publik

Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok memperingati Hari Kesehatan Nasional yang diperingati

Read More...

Ketua DPRD Kota Depok: Semangat Pahlawan hadir di sosok Ayah

DEPOK – Masih dalam rangka Hari Pahlawan yang diperingati bangsa Indonesia pada 10 November, Ketua DPRD Kota Depok, Hendrik

Read More...

Putusan Derden Verzet: Menang atau Kalah

DEPOK – Hari ini sidang yang ditunggu-tunggu pedagang Pasar Kemirimuka. Setelah melakukan sidang berbulan-bulan melalui gugutan Derden Verzet. Bila

Read More...

Mobile Sliding Menu