Puncak Arus Balik di Depok Terpantau Sepi

In Utama
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
TIDAK PADAT: Sejumlah kendaraan saat berada di exit Tol Cisalak 1, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Rabu (20/6). Kondisi exit tol tersebut masih terpantau tidak padat.

DEPOK – Hingga H+4 arus balik pemudik Lebaran 2018 di Terminal Bus Kota Depok mengalami penurunan. Rabu (20/6) sekitar pukul 17.00 di terminal tersebut tidak ada kepadatan penumpang yang balik ke Kota Depok. Hal itu berbeda dengan hari sebelumnya.

Kepala Terminal Depok, Reynold John mengatakan, pada H+4 Idul Fitri ada sedikit penurunan jumlah pemudik yang datang di Kota Depok. Tercatat 229 penumpang dengan empat puluh bus yang datang ke terminal Depok, kemarin (20/6).

Padahal untuk tiga hari kebelakang jumlah bus dan penumpang yang turun di Terminal Depok menurutnya mengalami peningkatan.

“Tiga hari kemarin naik, seperti pada H+3 ada 63 kendaraan yang datang ke terminal Depok dengan 432 penumpang tiba. Ini juga dipengaruhi banyaknya penumpang yang tidak turun di terminal biasanya di pinggir jalan dekat rumah penumpang,” paparnya.

Reynold menegaskan, turunnya jumlah penumpang pada arus balik tahun ini juga diprediksi karena masih banyak bus yang terjebak di tol.

“Jadi faktor penurunan karena jalan ditutup, untuk satu arah ke Jakarta dan sepertinya masih banyak kendaraan terjebak (macet, Red) di tol,” kata Reynold.

Pantauan Radar Depok di exit tol Cijago, Cimanggis lalu lintas yang keluar tol juga nampak lengang. Perwira Pospam Ketupat Jaya 2018 exit tol Cijago, Ipda Suryabudi mengatakan, belum ada peningkatan arus lalu lintas yang menumpuk di exit tol Cijago.

Dia memprediksi peningkatan arus balik warga depok akan terjadi Rabu (20/6) malam. Karena mayoritas kantor akan kembali beroperasi Kamis (21/6).

“Kemungkinan peningkatan penumpang akan terjadi malam ini, atau Minggu (24/6),” kata Ipda Suryabudi kepada Radar Depok.

Sementara itu, kepadatan kendaraan sepanjang 10 KM terjadi H+4 Lebaran 2018 di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama Bekasi, Rabu (20/6). Guna mengurai kepadatan kendaraan yang terjadi pada momen arus balik, pihak kepolisian memberlakukan sistem satu arah (One Way) dan Contraflow.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf mengatakan, pada GT Cikarang Utama peningkatan volume kendaraan mulai terlihat. Tercatat, sebanyak 140.000 kendaraan telah melintas.   “Terpantau kendaraan dari arah Cikampek menuju Jakarta sudah memadati ruas tol,” katanya.

Yusuf menjelaskan, pihaknya juga telah memberlakukan Contraflow di KM65-KM29 serta sistem One Way bagi kendaraan yang berasal dari Cikampek hingga ke arah Cawang, Jakarta Timur, sampai ke Depok.

“Kedua sistem ini diberlakukan untuk mengurai kepadatan arus balik,” ungkap Yusuf.

Tak hanya itu, dirinya menuturkan, pihaknya juga telah menyiapkan antisipasi jika terjadi kepadatan kendaraan berkelanjutan, yaitu, rekayasa 1 keluar tol Cikarang Pusat masuk ke jalur Pantura arah Jakarta. Selanjutnya, rekayasa 2 keluar tol Cibatu masuk ke Pantura arah Jakarta. Dan rekayasa 3 keluar tol Cikarang Barat menuju Kali Malang hingga Bekasi Timur.      “Antisipasi lainnya, Contraflow ke 4 Tol Cikarut – KM 22 Mustika Jaya Tambun, Rekayasa 5 Pembayaran Tol Gratis,” pungkasnya. (rub/cr2)

You may also read!

Putusan Derden Verzet: Menang atau Kalah

DEPOK – Hari ini sidang yang ditunggu-tunggu pedagang Pasar Kemirimuka. Setelah melakukan sidang berbulan-bulan melalui gugutan Derden Verzet. Bila

Read More...

Katulampa Siaga Banjir, Rumah Pinggir Sungai Waspada

DEPOK – Khalayak Kota Depok yang tinggal di pinggiran Sungai Ciliwung, mulai siap-siap kedatangan tamu tak diundang. Kemarin, berdasarkan

Read More...

Hadiahnya Menggiurkan

DEPOK – Doorprize Fun Day Radar Depok menjadi daya magnet tersendiri bagi peserta. Hingga kemarin, peserta masih berlomba-lomba mendaftarkan

Read More...

Mobile Sliding Menu