Hari Pertama Kerja ASN Di Kota Depok Pasca Libur Hari Raya

In Satelit Depok, Wilayah Depok
IMMAWAN/RADAR DEPOK
DISIPLIN: Staf Loket Pelayanan administrasi kantor Kelurahan Depok Jaya sedang rehat sejenak setelah menghadapi antrean warga di hari pertama bekerja pasca cuti bersama Idulfitri 1439 H

Disiplin dan tertib aturan, rasanya cukup menggambarkan karakter Aparatur Sipil Negeri (ASN) di Kantor Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas dan Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji yang tepat waktu memulai pelayanan publiknya setelah masa libur Hari Raya Idulfitri 2439 Hijriah.

Laporan: IMMAWAN ZULKARNAIN

Pemerintah Republik Indonesia, melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani oleh 3 Menteri sekaligus, menginstruksikan kepada  seluruh ASN untuk kembali bekerja dan menjalankan aktifitas pelayanan publik pada Kamis (21/6).

Biasanya, orang terlena dengan waktu senggang yang dimilikinya selama masa libur, dan enggan menyegerakan diri kembali ke rutinitasnya di tempat kerja.

Namun tidak demikian dengan ASN di dua Kantor Kelurahan ini, yakni Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas dan Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji. Pukul 07:30 tepat, mereka telah siap sedia melayani kebutuhan masyarakat di kantor kelurahan masing-masing.

“Alhamdulillah sembilan orang ASN dan satu operator disduk (disdukcapil) lengkap. Yang sempat mudik ke Pangkal Pinang pun sudah hadir,” terang Lurah Pondok Cina, Hendar Fradesa kepada Radar Depok, kemarin.

Dia mengenang, jauh sebelum cuti bersama dimulai, pihaknya sudah mewanti-wanti staf kantor kelurahan untuk kembali bekerja tepat waktu, lantaran banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan.

“Saya akan marah sekali, kalau sampai ada yang tidak masuk tanpa alasan yang kuat,” katanya.

Dia menyebutkan, deretan pekerjaan yang telah menanti stafnya tersebut, mulai dari melayani warga yang sibuk mengurus berkas untuk PPDB, mengawal persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak, sampai membantu Warga Negara Asing (WNA) yang memperpanjang Surat Ketarangan Tempat Tinggal (SKTT).

“Jadi orientasi kita tepat waktu itu untuk pelayanana masyarakat,” ujar Hendar.

Senada, alasan yang sama juga diutarakan oleh Lurah Depok Jaya, Syaiful Hidayat. Sebanyak enam orang staf pegawai negeri, termasuk seorang opertor juga kembali bekerja tepat waktu.

“Kita bukannya takut di sidak (inspeksi dadakan), memang mengejar pelayanan masyarakat. Karena libur cukup lama,” katanya.

Mantan Lurah Tugu tersebut menjelaskan, informasi cuti bersama telah Ia sosialisasikan langsung, baik kepada staf kantor kelurahan maupun kepada warga kelurahan Depok Jaya.

“Selama Bulan Ramadan, kami sempatkan tarling (taraweh keliling) dan sosialisikan kepada masyarakat,” kata Syaiful ketika ditemui di ruang kerjanya.

Pada kesempatan sosialisasi tersebut, Dia pun berpesan kepada 17.726 warganya yang termasuk dalam Daftar Pemilih Tetap di Pilkada Serentak 2018 untuk  memberikan suaranya di TPS.

“Jangan Golput. Karena Pilkada ini menentukan nasib Jawa Barat 5 tahun ke depan,” tandasnya.(*)

You may also read!

Wakil Walikota Depok: Empat Program P2WKSS Diprioritaskan

DEPOK – Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mendorong Perangkat Daerah (PD) yang terlibat dalam program Peningkatan Peranan Wanita menuju

Read More...

Fasilitas RSUD Depok Kian Lengkap, Gedung B-D Diresmikan

DEPOK – Janji Pemerintah Kota Depok memberikan layanan kesehatan maksimal untuk masyarakat perlahan terpenuhi. Minggu (22/7) pagi, Walikota Depok,

Read More...

Polresta Depok Usut Mobil Artis Neno Warisman yang Terbakar

DEPOK – Mobil Daihatsu Xenia milik artis tahun 1990-an, Neno Warisman, terbakar pada Rabu (19/7) sekitar pukul 23.00 di

Read More...

Mobile Sliding Menu