Hari Ini Puncak Arus Balik

In Utama
DOK HUMAS ASDP
KEMBALI KE KOTA: Para pemudik memadati Pelabuhan Bakauheni.

JAKARTA – Memasuki H+3 Lebaran, penumpang pejalan kaki mulai memadati Pelabuhan Bakauheni untuk kembali menuju Pelabuhan Merak. Tercatat sudah sebanyak 45.662 orang pejalan kaki yang meninggalkan Sumatera sejak hari kedua Lebaran. Jumlah ini baru 31 persen dari total 146.413 orang yang telah menyeberang dari Jawa pada arus mudik kemarin.

GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Anton Murdianto mengatakan, sesuai prediksi penumpang pejalan kaki mulai mengalami peningkatan pada H+3 atau Selasa (19/6) hingga Rabu (20/6) atau H+4, dan Kamis (21/6).

Cabang Bakauheni telah menyiapkan 14 loket penumpang dan 31 loket kendaraan (17 loket roda empat dan 14 loket roda dua) untuk melayani arus balik Lebaran tahun ini.

“Saat puncak arus, penumpang pejalan kaki diprediksikan mencapai 25.931 orang atau naik sekitar 5,9 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 24.481 orang yang terjadi pada H+5. Dari kapasitas terpasang yang disiapkan sebanyak 72 ribu orang, hanya terpakai 36 persen, sehingga sangat memadai melayani arus balik Lebaran,” ujar Anton, Selasa (19/6).

Di Bakauheni, tren penumpang pejalan kaki ramai dari pagi hingga jelang sore hari. Namun, ASDP Cabang Bakauheni telah mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung di Pelabuhan demi mendukung kelancaran dan kenyamanan para pengguna jasa selama arus balik Lebaran.

Penumpang pejalan kaki bisa menikmati ruang tunggu yang nyaman berkapasitas hingga 1000 orang. Adapun di loket tiket penumpang telah disiapkan juga jalur khusus bagi ibu hamil, balita, lansia dan difabel. Selain itu juga disediakan fasilitas kesehatan, toilet bersih, ruang menyusui dan lainnya.

Selain itu, saat puncak arus balik diperkirakan roda dua yang akan kembali ke Jawa mencapai 17.778 unit atau naik 4,7 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 16.975 unit. Kapasitas terpasang yang disiapkan sebanyak 60 ribu unit, sehingga hanya terpakai 30 persen saja untuk sepeda motor.

Adapun untuk roda empat diperkirakan pada puncak arus balik H+4 mencapai 17.017 unit atau naik 5,8 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 16.083 unit. Dengan kapasitas terpasang yang disiapkan sekitar 19.200 unit sehingga terpakai sekitar 89 persen saat puncak arus.

“Jika dibandingkan dengan total jumlah pemudik dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera pada H-8 hingga H maka jumlah pemudik yg telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa, penumpang mencapai 242.031 orang atau 25 persen dari total penumpang 970.327 orang yang telah menyeberang dari Merak pada arus mudik kemarin,” kata Anton.

Kemudian diikuti kendaraan roda dua sebanyak 20.145 unit atau 24 persen dari total 83.845 unit. Lalu, kendaraan roda empat/lebih 29.140 unit atau 26 persen dari total 112.784 unit.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan kepadatan di beberapa ruas tol justru akan terjadi hingga tiga hari ke depan atau pada Kamis (21/6). Menurutnya, volume kendaraan dari Jembatan Kali kuto menuju Jakarta akan terjadi lonjakan pada waktu tersebut.

“Hari ini adalah puncak arus balik (balik kali maksudnya). Dari (Jembatan) Kalikuto sampai Jakarta ada lonjakan tinggi mungkin minimal 2 sampai 3 hari kepadatan hampir sama seperti kemarin,” ujarnya di Jakarta, Selasa (19/6).

Meski demikian, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini menilai pihaknya bersama Jasa Marga dan Korlantas mampu melakukan sejumlah antisipasi pada titik-titik rawan seperti Tol Cipali maupun Jakarta-Cikampek. “Apa yg sudah didiskusikan kita memang memberikan suatu amanah untuk memutuskan untuk melakukan diskresi. Hari ini contraflow di Cipali sudah permanen. Itu bisa ditingkat dengan one way. Di Jakarta-Cikampek kita menggunakan dua hal, contraflow dan one way,” jelasnya.

Apabila masih menimbulkan kemacetan hingga 3 kilometer (Km) lebih, pihaknya akan menggratiskan tol untuk membantu mengurai kepadatan. “Apabila ada suatu antre penumpang pemudik melebihi 3 km, maka digratiskan untuk mengurangi kemacetan,” tandasnya. (chi/mg1/jpnn/JPC)

You may also read!

Wakil Walikota Depok: Empat Program P2WKSS Diprioritaskan

DEPOK – Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mendorong Perangkat Daerah (PD) yang terlibat dalam program Peningkatan Peranan Wanita menuju

Read More...

Fasilitas RSUD Depok Kian Lengkap, Gedung B-D Diresmikan

DEPOK – Janji Pemerintah Kota Depok memberikan layanan kesehatan maksimal untuk masyarakat perlahan terpenuhi. Minggu (22/7) pagi, Walikota Depok,

Read More...

Polresta Depok Usut Mobil Artis Neno Warisman yang Terbakar

DEPOK – Mobil Daihatsu Xenia milik artis tahun 1990-an, Neno Warisman, terbakar pada Rabu (19/7) sekitar pukul 23.00 di

Read More...

Mobile Sliding Menu