2019 Terminal Jatijajar, Depok Beroperasi

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
AKAN DI OPERASIKAN : Warga sedang beraktifitas di kawasan Terminal Jatijajar, Kecamatan Tapos. Tempat tersebut direncanakan akan beroperasi pada tahun 2019 mendatang.

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pastikan Terminal Jatijajar di Jalan Raya Bogor, Kecamatan Tapos beroperasi 2019 mendatang. Aktifnya terminal tipe A itu, menyusul sudah diserahkannya aset terminal kepada Badan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

“Tahun 2019 sudah bisa dioperasikan, semua pol bus besar antar kota maupun provinsi masuk di Terminal Jatijajar,” kata Walikota Depok Mohammad Idris, kepada Harian Radar Depok.

Pengoperasian Terminal Jatijajar ini pada tahun depan, jelas walikota, Pemerintah Kota Depok telah menyerahkan aset terminal tersebut kepada Pemerintah Pusat yakni BPTJ. “Dua bulan lalu sudah diserahkan ke Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenhub,” ucap Idris.

Ia menjelaskan, pemkot baru menyerahkan aset terminal kepada pemerintah pusat karena ada masalah admintrasi.

Dalam hal ini, Idris tidak menjelaskan keseluruhan apa masalah tersebut hingga Terminal Jatijajar hampir delapan tahun belum dioperasikan. Sehingga terminal dijadikan tempat pacaran dan nongkrong anak muda pada malam hari dan siang. “Penyerahan aset ke pusat diharapkan bisa membangun jembatan Terminal Jatijajar untuk exit. Karena jembatan belum dibangun,” beber Idris.

Menurutnya, pembangunan jembatan exit dikabarkan akan dibangun tahun ini. Sehingga, 2019 Terminal Jatijajar bisa beroperasi mengingat Kota Depok hanya memiliki Terminal Terpadu, di Jalan Margonda untuk transit bus antar kota maupun provinsi. “Dianggarkan tahun ini pun pemenang tendernya sudah ada tinggal dibangun jembatan exit,” ucap dia

Diketahui beradasarkan data dari Dinas Perhubungan Kota Depok. Awalnya perencanaan pembanguanan terminal Jatijajar dimulai 2004, hingga berlanjut pembebasan lahan di 2007, pembanguan konstruksi 2011 hingga 2016. Pembangunan dikalkulasikan mencapai 75 persen. Total anggaran yang berhasil diserap hingga pembangunan 2016 ini mencapai Rp84 Miliar.

Lalu dilanjutkan pembangunan baru meliputi, Pembangunan jalur angkot, bus AKDP dan AKAP, gedung utama dua lantai, hole angkutan Kota dan AKAP, sebagian pos jaga dan Retribusi hole kedatangan.

Seharusnya pembangunan terminal Jatijajar rampung pada 2015, tetapi karena beberapa persoalan pembangunan belum rampung hingga saat ini.(irw)

You may also read!

Kejari Depok Irit Bicara

DEPOK – Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok masih belum buka-bukaan, terkait pengembalian berkas rasuah Jalan Nangka, Tapos ke Polresta Depok.

Read More...

Zoss Ada 51 Titik di Depok

DEPOK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, terus menambah keberadaan Zona Selamat Sekolah (Zoss). Hal itu dilakukan untuk memberikan

Read More...

RS Harapan Depok Tantang YLCC di Pengadilan

DEPOK – Sengketa sewa menyewa gedung antara YLCC dengan RS Harapan Depok, akhirnya akan berujung dimejahijaukan. Kemarin, RS Harapan

Read More...

Mobile Sliding Menu