SMPN 1 Depok Mulai Aktivitas dengan Tadarus

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
RELIGIUS: Siswa-siswi SMP Negeri 1 Depok memulai aktivitas di sekolah dengan tadarus Alquran, zikir, dan ratib setelah libur awal puasa, kemarin (18/5) di halaman sekolah.

DEPOK – Hari libur menyambut bulan puasa sudah berakhir. Kemarin (18/5) seluruh peserta didik di Kota Depok sudah kembali bersekolah. Di SMP Negeri 1 Depok, ratusan pelajar kelas VII dan VIII mulai beraktivitas seperti biasa.

Sejak pukul 06.00 para siswa telah datang ke sekolah untuk melakukan rutinitas seperti biasa. Aktivitas mereka diawali dengan kegiatan rutin setiap hari jumat yaitu tadarus bersama.

“Jam 06.00 mereka sudah datang, kemudian jam 06.30 baru mulai tadarusan dan membaca zikir bersama dengan seluruh elemen sekolah. Dari kepala sekolah, guru, staf TU, sampai siswa wajib ikut,” kata Pembina Rohis, Afifah kepada Radar Depok ditemui di sekolah yang berlokasi di Jalan Pemuda Raya, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas.

Afifah menuturkan, kegiatan yang sudah berjalan selama bertahun-tahun tersebut bertujuan untuk menciptakan siswa yang menjadikan agama sebagai pedoman hidup. Serta membentuk karakter rohani dalam diri siswa.

“Ini adalah cara untuk pendidikan karakter anak juga, jadi dimulai dari baca surat yassin, membaca zikir, dan ratib. Jadi anak-anak diberikan buku pedoman, kalau seandainya guru atau pembinanya tidak ada. Mereka bisa melakukannya sendiri dengan teman-temannya,” ujarnya.

Setelah tadarus bersama, dilanjut dengan Salat Duha di masjid sekolah dengan cara bergiliran sampai pukul 10.00.

Staf Kurikulum SMPN 1 Depok, Ambar Fitriasari mengatakan, setelah kegiatan keagamaan selesai anak-anak kembali ke kelas untuk membersihkan kelas masing-masing.

“Senin sudah Penilaian Akhir Tahun (PAT) jadi mereka bersihin kelas. Lalu dilanjutkan dengan pengarahan dari wali kelas dan dibagikan kartu peserta ujiannya. Mengingat besok (hari ini, red) kami libur,” kata Ambar. (san)

You may also read!

Suami di Depok Cekik Istri Hingga Tewas

DEPOK – Yerimia terbilang sadis terhadap istrinya Risma Sitinjak. Pria berusia 28 tahun itu mencekik Risma hingga tewas, di

Read More...

Luas Tanah Pasar Kemirimuka Depok SK Gubernur dan SHGB Beda

DEPOK – Ada fakta baru yang disajikan dalam pembacaan replik di sidang gugatan Derden Verzet, di Pengadilan Negeri (PN)

Read More...

Hewan Kurban Sehat Diberi Tanda Pin

DEPOK – Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Depok memeriksa hewan kurban di

Read More...

Mobile Sliding Menu