Siswa SAI Meruyung Iktikaf Bersama

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
BELAJAR MANDIRI: Beriktikaf di Masjid Al Huriyyah IPB, Bogor, dilakukan siswa-siswi Sekolah Alam Indonesia (SAI) Meruyung selama tiga hari dua malam.

DEPOK– Mengajarkan anak untuk hidup mandiri sudah menjadi ciri khas dari Sekolah Alam Indonesia (SAI) Meruyung. Di bulan Ramadan ini, sekolah tersebut mengajak anak didiknya beriktikaf di Masjid Al Huriyyah IPB, Bogor.

Wakil Kepala SAI Meruyung Bidang Kurikulum, Konnytia Aminah Sari mengatakan, kegiatan selama  tiga harri dua malam tersebut dihabiskan oleh siswanya untuk berserah diri kepada Allah SWT.

“Kami membaca Alquran dan menghafalnya juga, kemudian murojaah surat At-Thur,” kata Konnytia kepada Radar Depok.

Selain itu, para siswa juga diajak untuk mendengarkan tilawah. Konnytia mengungkapkan, siswanya juga diajak untuk menunaikan salat tarawih, salat sunnah, dan qiyamul lail.

“Pokoknya selama iktikaf kita hanya melakukan ibadah dan berserah kepada Allah SWT dengan mengharapkan ridhanya,” ujarnya.

Pemilihan tempat yang jauh, lanjut Konnytia, untuk melatih anak didiknya hidup mandiri ketika jauh dari orangtuanya. Sekaligus memberikan atau merefresh rohaniah siswa dengan bacaan-bacaan dan kegiatan islami.

“Ini adalah itikaf ketiga kami yang diikuti oleh siswa kelas III hingga kelas VI, nanti untuk kelas kecil (TK-Kelas II) diadakan Ramadan Camp di sekolah dua hari satu malam,” lanjutnya.

Konnytia berharap, setelah siswa-siswinya melaksanakan itikaf di luar sekolah dapat menerapkan hal yang sama di dalam keluarganya pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan.

“Dengan ini mereka bisa lebih termotivasi dan membiasakan diri untuk beriktikaf bersama orang tua atau lingkungan sekitar rumah di masjid-masjid,” tutupnya. (san)

You may also read!

150 Pelajar Diare Massal, Dinkes Depok: Tunggu Hasil Lab 14 Hari

DEPOK – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pondok Duta, tengah dirundung musibah. Sejak Rabu (10/10) hingga kemarin, sekolah di

Read More...

Depok Masuk 10 Besar Smart Sanitation

DEPOK – Warga Depok mesti tahu ini. Ternyata kemarin, Kota Depok masuk 10 nominasi Smart Sanitation Award 2018 (SSA)

Read More...

Kajian Ganjil-Genap Depok Lelet

DEPOK – Gaung penerapan sistem ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, saat weekend sabtu dan minggu sepertinya hanya angan-angan saja.

Read More...

Mobile Sliding Menu