Siswa SAI Meruyung Iktikaf Bersama

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
BELAJAR MANDIRI: Beriktikaf di Masjid Al Huriyyah IPB, Bogor, dilakukan siswa-siswi Sekolah Alam Indonesia (SAI) Meruyung selama tiga hari dua malam.

DEPOK– Mengajarkan anak untuk hidup mandiri sudah menjadi ciri khas dari Sekolah Alam Indonesia (SAI) Meruyung. Di bulan Ramadan ini, sekolah tersebut mengajak anak didiknya beriktikaf di Masjid Al Huriyyah IPB, Bogor.

Wakil Kepala SAI Meruyung Bidang Kurikulum, Konnytia Aminah Sari mengatakan, kegiatan selama  tiga harri dua malam tersebut dihabiskan oleh siswanya untuk berserah diri kepada Allah SWT.

“Kami membaca Alquran dan menghafalnya juga, kemudian murojaah surat At-Thur,” kata Konnytia kepada Radar Depok.

Selain itu, para siswa juga diajak untuk mendengarkan tilawah. Konnytia mengungkapkan, siswanya juga diajak untuk menunaikan salat tarawih, salat sunnah, dan qiyamul lail.

“Pokoknya selama iktikaf kita hanya melakukan ibadah dan berserah kepada Allah SWT dengan mengharapkan ridhanya,” ujarnya.

Pemilihan tempat yang jauh, lanjut Konnytia, untuk melatih anak didiknya hidup mandiri ketika jauh dari orangtuanya. Sekaligus memberikan atau merefresh rohaniah siswa dengan bacaan-bacaan dan kegiatan islami.

“Ini adalah itikaf ketiga kami yang diikuti oleh siswa kelas III hingga kelas VI, nanti untuk kelas kecil (TK-Kelas II) diadakan Ramadan Camp di sekolah dua hari satu malam,” lanjutnya.

Konnytia berharap, setelah siswa-siswinya melaksanakan itikaf di luar sekolah dapat menerapkan hal yang sama di dalam keluarganya pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan.

“Dengan ini mereka bisa lebih termotivasi dan membiasakan diri untuk beriktikaf bersama orang tua atau lingkungan sekitar rumah di masjid-masjid,” tutupnya. (san)

You may also read!

Dibongkar, Bangun, Dilarang Lagi

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Setahun lalu tepatnya 15 Juli 2018, ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Grand Depok City dibongkar. Terbaru kemarin,

Read More...

Babinsa Belajar Aplikasi Panic Button

RADARDEPOK.COM, DEPOK– Kondusifitas perlu di jaga, apalagi saat Ramadan, dan berbarengan dengan pengumuman pemenang pemilu 2019. Guna menghalau kejadian

Read More...

Terinspirasi Kehidupan ART, Meniti Sejak 2009

RADARDEPOK.COM – Mungkin sebagian orang menganggap sampah tidak bermanfaat. Namun tidak bagi Serly Susanti, yang berjuang dan meniti karir

Read More...

Mobile Sliding Menu