Piring dan Gelas Ramadhan

In Utama
FOTO: Dr. Ir. Sidik Mulyono M. Eng, Kadiskominfo Kota Depok

Oleh: Dr. Ir. Sidik Mulyono, M. Eng

(Kadiskominfo Kota Depok)

DEPOK – Alhamdulillah tahun ini kita dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan.

Bulan yang penuh berkah dan keutamaan bagi yang melaksanakan puasa, ibadah, dan amal sholeh lainnya dengan ikhlash dan sepenuh hati karena Allah dalam rangka mencapai derajat taqwa yang kita harapkan bersama.

Namun setelah bertahun-tahun kita melalui bulan Ramadhan ini, pernahkan kita berintrospeksi, apakah kita sudah mendekati derajat taqwa tersebut?

Padahal Allah sudah menyediakan sarana bulan Ramadhan tersebut untuk mencapai derajat tersebut selama hidup kita.

Ibarat orang yang sedang kelaparan dan kehausan, diberi piring dan gelas, serta disiapkan antrean untuk mengambil makanan dan minuman di meja yang telah disediakan.

Tentunya bagi kita yang berpikir jernih, setelah mendapat piring dan gelas tersebut.

Maka dengan serta merta kita akan berusaha antre untuk mendapatkan makanan dan minuman di atas meja tersebut, lalu menyantapnya hingga hilang rasa lapar dan haus kita.

Akan tetapi, bila kita setelah menerima piring dan gelas tersebut, hanya berteriak lapar dan haus saja dan tidak berusaha untuk ikut antre, maka tidak mungkin makanan dan minuman itu datang memenuhi piring dan gelas untuk kita nikmati.

Itulah ilustrasi Ramadhan yang Allah berikan kepada kita, Allah siapkan Ramadhan sebagai “Piring dan gelas” untuk kita isi dengan berbagaimacam hidangan “makan dan minum” ibadah dan amal sholeh selama Ramadhan dengan berbagaimacam bonus pahala di dalamnya. Maka bersiap-siaplah berusaha ikut “antre” untuk mendapatkan hidangan tersebut dalam rangka untuk memenuhi “lapar dan haus” akan ketaqwaan kita.

Dengan sajian pintu surga yang terbuka selebar-lebarnya, dan pintu neraka ditutup serapat-rapatnya, dan para syeitan dibelenggu selama bulan Ramadhan.

Artinya, Allah menyediakan peluang untuk mencapai derajat taqwa itu sedemikian besar serta sarana bonus pahala yang berlipatganda bahkan tidak terhingga.

Semoga Allah memberikan kekuatan dalam mengisi ibadah bulan suci Ramadhan kali ini dengan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya dan mampu mendongkrak kadar keimanan kita untuk mencapai derajat taqwa. (irw)

You may also read!

Bali Bukan buat Liburan Sib…

BANDUNG – Persib Bandung akan melakoni laga tandang ke markas Bali United pada lanjutan Go-Jek Liga 1, pekan ke-11,

Read More...

Tim Thomas Indonesia Tembus Semifinal

BANGKOK–Tim Thomas Indonesia lolos ke babak semifinal Thomas-Uber Cup 2018 usai menaklukkan rival abadi, Malaysia di fase perempat final.

Read More...

Sebelum Catatan Amal Kita Terima

Oleh: H. Budi Subandriyo (Sekretaris DPD LDII Kota Depok) DEPOK – Ramadan tahun ini, sebagian besar putra-putri- kita tidak

Read More...

Mobile Sliding Menu