Perjalanan Hidup Wardana LPM Curug, Depok (3-Habis) Mampu Produksi 400 Ribu Ekor Ikan

In Metropolis
DICKY/RADARDEPOK
USAHA : LPM Kelurahan Curug, Wardana saat melihat pembenikah ikan hias miliknya yang berada di RW06, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, kemarin.

Proses kehidupan yang mendorong Wardana menuju kehidupan yang lebih layak. Wardana membudidayakan ikan hias, yang kekiniannya secara perlahan menjadi salah satu ikon Kecamatan Bojongsari.

Laporan : Dicky Agung Prihanto

Berada disebuah ruangan yang dipenuhi aquarium, terlihat LPM Kelurahan Curug, Wardana memilah jenis ikan hias yang akan dilakukan pembibitan maupun yang akan di kirim untuk dijual kepasaran. Dengan telaten, Wardana melakukan pemilahan ikan hias yang dirintisnya sejak 2001.

Usai melakukan pemilahan, Wardana mengatakan, ketertarikannya akan ikan hias berawal dari dirinya yang melihat temannya melakukan pembudidayaan ikan hias. Didorong dengan keinginan kuat, pada 2001 namun karena kurangnya pengawasan budidaya yang dilakukannya mengalami kegagalan pada 2003.

“Kegagalan awal tidak menyurutkan niat saya untuk melakukan budidaya,” ujar pria yang gemar makan ikan cere dan sayur asam.

Bermodalkan uang sebesar Rp65 juta, sambung Wardana merintis kembali budidaya ikan hias yang dinilai memiliki nilai ekonomi yang baik. Modal yang dimilikinya untuk menyediakan 100ribu ekor ikan hias, mulai dari Neon Tetra, Cardinal, hingga Red Nose.

Menjalankan budidaya ikan hias, lanjut Wardana tidak semudah yang dibayangkan, dirinya harus memperhatikan kondisi cuaca dan air, namun yang terpenting hama dan penyakit. Dia mengatakan, apabila cuaca hujan pakan ikan hias yakni, kutu akan sedikit didapatkan. Namun, sebagai penggantinya dia menggunakan cacing sutra.

“Namun pakan yang lebih baik menggunakan kutu air,” terang Wardana.

Pria yang menyukai musik dangdut tersebut menuturkan, menggunakan 500 akuarium dengan dibantu tiga orang karyawan dan anaknya yakni Bagus Sanjaya, satu kali panen Wardana mampu menghasilkan 400 ribu ekor ikan hias. Nantinya ikan tersebut akan dijual kepada suplayer ikan hias yang berasal dari Tangerang, Jakarta, Bekasi, dan Bogor.

Untuk membantu peningkatan ekonomi masyarakat, lanjut Wardana akan berusaha mendorong Pemerintah Kota Depok membantu petani ikan hias dalam melakukan distributor. Apabila Pemerintah Kota Depok dapat membantu, bukan tidak tidak mungkin petani ikan hias mendapatkan keuntungan yang lebih baik, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Kami juga akan mendorong dan mendukung masyarakat yang ingin menjadi petani ikan hias,” tutup Wardana. (*)

You may also read!

Wakil Walikota Depok Rayakan HUT Republik Indonesia ke-73 di Tanah Suci

DEPOK –  Ada yang berbeda dari perayaan HUT ke-73 Republik Indonesia (RI) bagi Pradi Supriatna. Biasanya saat merayakan HUT

Read More...

Pelaku Penculikan Bayi di Depok Terancam 15 Tahun Penjara

DEPOK – Jumiyanti pelaku penculikan bayi Aditya Hamizan Purnomo, di Jalan Flamboyan RT6/2, Sukmajaya, Jumat (27/4) lalu, seperti bakal

Read More...

Sumbang Lombok-Beri Penghargaan di HUT RI

DEPOK – Sang saka Merah Putih berkibar lapang di Balaikota, saat perayaan HUT ke-73 Republik Indonesia (RI), Jumat (17/8).

Read More...

Mobile Sliding Menu