Pelayanan Publik jadi Tema Debat Ketiga

In Politika
IST FOR RADARDEPOK
PENANDATANGANAN: KPU Jabar bersama Paslon dan perwakilan Paslon Pilgub Jabar menunjukan MoU yang ditandatangani di kantor KPU Jabar di Bandung.

BANDUNG – Jelang Debat Publik ketiga Pilkada Jawa Barat 2018 yang akan diselenggarakan 22 Juni di Bandung akan mengangkat tema tentang pelayanan pelayanan publik. Selain itu,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar menegaskan kembali kepada seluruh Paslon dilarang mengkampanyekan calon presiden.

Ketua KPU Jawa Barat, Yayat Hidayat menerangkan, mengkampanyekan diluar Pilgub Jabar sebenarnya sudah tertuang dalam PKPU dan debat sebdiri harus bersifat edukatif. Sedangkan di luar visi misi dan program sudah dilarang untuk disampaikan.

“Dalam debat publik para kandidat harus menyampaikan materi secara sopan, tertib, mendidik, bijak, dan tidak provokatif. Hal ini sesuai dengan bunyi Pasal 18 PKPU Nomor 4 Tahun 2017 tentang kampanye Pilkada,” kata Yayat.

Sedangkan, materi debat berkaitan dengan visi misi calon yang mengarah pada tujuan meningkatkan kesejahteraan umum, pelayanan publik, menyelesaikan problem daerah kebijakan publik memperkokoh NKRI.

“Jika melanggar aturan pada debat publik ketiga, maka KPU akan memberikan sanksi kepada paslon. Sanksinya administratif, kecuali yang provokatif. Kalau itu masuknya pidana pemilu, itu urusannya di pengadilan di Gakumdu, bukan oleh KPU,” ucap Yayat.

Kareannya, sambung Yayat, pihaknya turut memanggil seluruh paslon ke kantor KPU untuk mempertegas peraturan di masa-masa akhir kampanye dan kembali mengingatkan agar para paslon tidak boleh ada kegiatan saling memprovokasi dan kampanye harus sopan.

Kegiatan tersebut ditandai dengan penandantanganan kesepakatan dari seluruh paslon untuk melakukan hal tersebut dimulai dari tim sukses sampai relawan di level ranting.

“Ini merupakan kesepakatan bersama untuk memanfaatkan sisa waktu kampanye dalam rangka menciptakan kondusifitas,” ucap Yayat. (cky)

You may also read!

Polresta, Kejari, Mandek… Kejari Menunggu Pengembalian Berkas Korupsi

DEPOK – Sepertinya Polresta Depok bisa leluasa melengkapi berkas perkara korupsi Jalan Nangka, Kecamatan Tapos. Kemarin, Kejaksaan Negeri (Kejari)

Read More...

Gara-gara Naavagreen Nyamuk Saja Jatuh, Grand Opening Hari Ini

DEPOK – Kebutuhan perawatan kulit wajah dan tubuh, sudah menjadi perhatian penting bagi perempuan maupun laki-laki. Apalagi di zaman

Read More...

Soal Limbah Situ Rawa Kalong, Pemkot Depok Tunggu Hasil BBWSCC

DEPOK – Tercemarnya Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug,  Cimanggis sudah tak terbendung. Saat ini, Pemkot Depok tengah menunggu

Read More...

Mobile Sliding Menu