Menariknya Bukber di Masjid Jami’ Al Muhajirin

In Satelit Depok
IST FOR RADARDEPOK
KEBERSAMAAN: Beberapa orang sedang berbuka puasa di Masjid Jami’ Al Muhajirin.

Gotong Royong, itulah term yang paling tepat untuk menggambarkan pelaksanaan buka puasa bersama (bukber) di Masjid Jami Al-Muhajirin, Jalan Nusantara, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas.

Laporan : IMMAWAN ZULKARNAIN

Menjelang berbuka puasa, perlahan tapi pasti, pelataran Masjid Jami Al Muhajirin mulai dipenuhi jamaah yang hendak menunggu waktu berbuka puasa.

Kerumunan jamaah itu amat beragam. Mulai dari pekerja bangunan yang sedang mengerjakan proyek rehabilitasi sekolah, tukang becak, pedagang di pasar, sampai pengguna jalan yang terpaksa mampir karena tidak terkejar untuk berbuka puasa di rumah.

Sekretaris Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Ali (42) menceritakan, ciri khas dari agenda bukber di Masjid Jami Al-Muhajirin memang terdapat pada banyaknya elemen masyarakat yang terlibat.

Ia menjelaskan, disamping keragaman masyarakat yang menjadi penerima takjil, sumber-sumber takjil untuk bukber pun tidak kalah menarik untuk ditelusuri.

Takjil yang menjadi santap berbuka jamaah, kata Ali, berasal dari patungan antara masjid, warga sejumlah RT di lingkungan masjid, toko-toko di sekeliling masjid dan beberapa donatur yang secara sukarela memberikan makanan.

“Kemarin ada yang memberi 50 porsi mie, kemarinnya ada yang memberi nasi box. Alhamdulillah, pasti ada saja sumbangan dari jamaah yang tidak terduga,” kata Ali.

Menurut Ali, momen Bulan Ramadan ini memang dimanfaatkan oleh banyak masyarakat di sekitar masjid sebagai momentum untuk berbagi dengan sesama.(*)

You may also read!

150 Pelajar Diare Massal, Dinkes Depok: Tunggu Hasil Lab 14 Hari

DEPOK – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pondok Duta, tengah dirundung musibah. Sejak Rabu (10/10) hingga kemarin, sekolah di

Read More...

Depok Masuk 10 Besar Smart Sanitation

DEPOK – Warga Depok mesti tahu ini. Ternyata kemarin, Kota Depok masuk 10 nominasi Smart Sanitation Award 2018 (SSA)

Read More...

Kajian Ganjil-Genap Depok Lelet

DEPOK – Gaung penerapan sistem ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, saat weekend sabtu dan minggu sepertinya hanya angan-angan saja.

Read More...

Mobile Sliding Menu