Masjid Tertua di Depok Sambut Ramadan

In Satelit Depok
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
BERSEJARAH : Tampak Masjid Jami’ Al Istiqomah yang terletak di Jalan Raya Sawangan, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoranmas, kemarin. Masjid tersebut di bangun pada tahun 1829 oleh salah seorang keturunan Sunan Kudus.

DEPOK Gempita Bulan Ramadan mulai lebih terasa dari setiap sendi masyarakat. Salahsatunya, rangkaian persiapan yang dilakukan oleh masjid-masjid di Kota Depok dalam menghadapi bulan penuh berkah tersebut. Tidak berbeda dengan salah satu masjid tertua di Kota Depok, yakni Masjid Jami’ Al-Istiqomah.

Masjid Jami’ Al-Istiqomah yang berlokasi di Jalan Raya Sawangan, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoranmas atau dikenal dengan Perapatan Mampang, telah berdiri sejak tahun 1800-an dan menjadi saksi hidup bagi perkembangan ajaran agama Islam di Kota Depok.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jami’ Al-Istiqomah, Suganda mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan oleh DKM untuk turut menyemarakkan bulan Ramadan 1439 Hijriyah.

“Sebelum Ramadan kita sudah mengadakan tarhib. Kemudian dari sisi sarana dan prasarana, belum lama kami melakukan sejumlah renovasi ringan. Seperti mendempul lubang-lubang di tembok dan mengecat ulang tembok di beberapa titik,” ungkap Suganda kepada Radar Depok ketika ditemui di rumahnya yang berada persis dibelakang bangunan masjid.

Suganda menambahkan, DKM juga telah menyiapkan beberapa program kerja untuk dilaksanakan di sepanjang Bulan Ramadan.

“Yang pasti itu ada buka bersama setiap hari, ada tadarus setiap malam yang berlangsung pada jam 10-12 malam, kemudian ada peringatan di hari ke-17 Ramadan,” tutur Suganda.

Menurutnya, program andalan dari Masjid Jami’ Al-Istiqomah adalah santunan anak yatim dan berbagi sembako untuk kaum dhuafa yang rencananya akan dilaksanakan pada 25 Ramadan.

“Program ini sudah berjalan 4 tahun. Alhamdulillah sejauh ini lancar. Banyak donatur yang membantu. Tahun kemarin aja kita bisa bantu untuk 200 orang anak yatim dan dhuafa,” katanya.(mg2)

You may also read!

Suami di Depok Cekik Istri Hingga Tewas

DEPOK – Yerimia terbilang sadis terhadap istrinya Risma Sitinjak. Pria berusia 28 tahun itu mencekik Risma hingga tewas, di

Read More...

Luas Tanah Pasar Kemirimuka Depok SK Gubernur dan SHGB Beda

DEPOK – Ada fakta baru yang disajikan dalam pembacaan replik di sidang gugatan Derden Verzet, di Pengadilan Negeri (PN)

Read More...

Hewan Kurban Sehat Diberi Tanda Pin

DEPOK – Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Depok memeriksa hewan kurban di

Read More...

Mobile Sliding Menu