Masjid Tertua di Depok Sambut Ramadan

In Satelit Depok
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
BERSEJARAH : Tampak Masjid Jami’ Al Istiqomah yang terletak di Jalan Raya Sawangan, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoranmas, kemarin. Masjid tersebut di bangun pada tahun 1829 oleh salah seorang keturunan Sunan Kudus.

DEPOK Gempita Bulan Ramadan mulai lebih terasa dari setiap sendi masyarakat. Salahsatunya, rangkaian persiapan yang dilakukan oleh masjid-masjid di Kota Depok dalam menghadapi bulan penuh berkah tersebut. Tidak berbeda dengan salah satu masjid tertua di Kota Depok, yakni Masjid Jami’ Al-Istiqomah.

Masjid Jami’ Al-Istiqomah yang berlokasi di Jalan Raya Sawangan, Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoranmas atau dikenal dengan Perapatan Mampang, telah berdiri sejak tahun 1800-an dan menjadi saksi hidup bagi perkembangan ajaran agama Islam di Kota Depok.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Jami’ Al-Istiqomah, Suganda mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan oleh DKM untuk turut menyemarakkan bulan Ramadan 1439 Hijriyah.

“Sebelum Ramadan kita sudah mengadakan tarhib. Kemudian dari sisi sarana dan prasarana, belum lama kami melakukan sejumlah renovasi ringan. Seperti mendempul lubang-lubang di tembok dan mengecat ulang tembok di beberapa titik,” ungkap Suganda kepada Radar Depok ketika ditemui di rumahnya yang berada persis dibelakang bangunan masjid.

Suganda menambahkan, DKM juga telah menyiapkan beberapa program kerja untuk dilaksanakan di sepanjang Bulan Ramadan.

“Yang pasti itu ada buka bersama setiap hari, ada tadarus setiap malam yang berlangsung pada jam 10-12 malam, kemudian ada peringatan di hari ke-17 Ramadan,” tutur Suganda.

Menurutnya, program andalan dari Masjid Jami’ Al-Istiqomah adalah santunan anak yatim dan berbagi sembako untuk kaum dhuafa yang rencananya akan dilaksanakan pada 25 Ramadan.

“Program ini sudah berjalan 4 tahun. Alhamdulillah sejauh ini lancar. Banyak donatur yang membantu. Tahun kemarin aja kita bisa bantu untuk 200 orang anak yatim dan dhuafa,” katanya.(mg2)

You may also read!

Polresta, Kejari, Mandek… Kejari Menunggu Pengembalian Berkas Korupsi

DEPOK – Sepertinya Polresta Depok bisa leluasa melengkapi berkas perkara korupsi Jalan Nangka, Kecamatan Tapos. Kemarin, Kejaksaan Negeri (Kejari)

Read More...

Gara-gara Naavagreen Nyamuk Saja Jatuh, Grand Opening Hari Ini

DEPOK – Kebutuhan perawatan kulit wajah dan tubuh, sudah menjadi perhatian penting bagi perempuan maupun laki-laki. Apalagi di zaman

Read More...

Soal Limbah Situ Rawa Kalong, Pemkot Depok Tunggu Hasil BBWSCC

DEPOK – Tercemarnya Situ Rawa Kalong di Kelurahan Curug,  Cimanggis sudah tak terbendung. Saat ini, Pemkot Depok tengah menunggu

Read More...

Mobile Sliding Menu