Jaga Stamina dengan Tetap Latihan Taekwondo

In Depok Sport
IMMAWAN/RADAR DEPOK
SEMANGAT: Anggota Satjay Taekwondo Club, tetap giat berlatih setiap hari selama Bulan Ramadhan 1439 Hijriah

DEPOK – Bulan Suci Ramadan mewajibkan umat muslim untuk menjalankan ibadah puasa, yakni menahan hawa nafsu. Termasuk didalamnya nafsu untuk makan dan minum. Karena itu, seringkali Bulan Ramadan dilalui dengan kondisi fisik yang lemas dan tidak bertenaga. Namun berbeda dengan anggota klub taekwondo Satjay Taekwondo Club.

Klub yang menjadi ekstrakurikuler di 13 unit SMP dan SMA tersebut, tetap berlatih setiap hari di Bulan Ramadan 1439 Hijriah. Mereka berlatih selama 2 jam, dimulai pukul 16:00 – 18:00.

Kepala Pelatih Klub Satjay, Jayadi menuturkan, puasa bukanlah waktunya bermalasan untuk atlet-atlet didikannya. Menurut Jay-sapaannya, setiap atlet perlu menjaga stamina dan feel bertarungnya setiap saat.

“Kalau tidak latihan, stamina akan jatuh dan feelingnya bisa hilang,” ungkap Jay kepada Radar Depok disela-sela latihannya beberapa waktu lalu.

Jay mengaku, porsi latihan yang ia berikan untuk atletnya selama bulan puasa, memang berbeda dengan porsi latihan di luar bulan puasa.

“Setelah pemanasan, kita latihan ketahanan sebentar, baru dilanjutkan dengan latihan tehnik. Latihan fisiknya kita kurangi,” kata pria yang melatih taekwondo untuk sekolah SMP PGRI 1, SMP Citra Negara, dan SMPN 17 Depok tersebut.

Jay menjelaskan, Ia meminta anak didiknya tetap berlatih di Bulan Ramadan untuk mempersiapkan mereka menghadapi tes jalur prestasi dalam proses pendaftaran ke Sekolah Menengah Atas (SMA). Jadi, katanya, anak-anak harus tetap latihan fisik, tehnik dan sparring.

Menjaga kesehatan tubuh setelah berlatih di bulan puasa, Jaya berpesan kepada anak didiknya untuk banyak minum air putih dan usahkan memilih makanan yang bergizi untuk santap sahur dan buka puasa.

“Minimal 8 liter air dan makanan bergizi. Agar tubuh tetap prima,” ujar Jay. (mg2)

You may also read!

Porsigal Cinere Jalani TC

DEPOK – Berbagai persiapan dilakukan perguruan Pendidikan Olah Raga Silat Indah Garuda Loncat (Porsigal) Cinere menghadapi kejuaraan Pakubumi Open

Read More...

Lapbas Jabar Peduli Korban Tsunami Selat Sunda

DEPOK – Dibawah kepemimpinan Iswandi, DPD Laskar Pendekar Banten Sejati (Lapbas) Jawa Barat (Jabar) membuat gebrakan di awal 2019.

Read More...

Tim Akar Rumput Nobar Debat Pilpres

  DEPOK – Tim Akar Rumput (TAR) Kota Depok menghadiri acara nonton bareng debat Capres dan Cawapres 2019, yang

Read More...

Mobile Sliding Menu