Disdukcapil Kota Depok: 3.157 Pemula Bisa Nyoblos

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
ANTRE : Sejumlah warga sedang antre untuk mengurus berkas yang diperlukan di ruang pelayanan Kantor Balaikota Depok.

DEPOK – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok menerbitkan 3.157 surat keterangan (suket). Surat tersebut, untuk pemilih pemula dan warga yang belum mendapatkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau e-KTP.

Suket tersebut diterbitkan Disdukcapil menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Provinsi Jawa Barat (Jabar), pada 27 Juni 2018, mendatang.

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir mengatakan, suket berguna bagi warga yang sudah memiliki hak pilih untuk mencoblos pada hari pencoblosan. Namun, belum memiliki KTP Elektronik (e-KTP).

Kata dia, jumlah suket yang diterbitkan tersebut berdasarkan jumlah warga yang belum masuk di dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT) yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok.

Dari total 1.155.477 DPT, masih tersisa 3.500 warga yang belum masuk dalam DPT karena belum memiliki e-KTP.

“Namun setelah kami verifikasi ulang, hanya tersisa 3.157 warga yang belum memiliki e-KTP atau suket,” kata Munir kepada Harian Radar Depok, Jumat (18/5).

Munir, menjelaskan suket yang diterbitkan ini hanya bisa digunakan untuk Pilgub, dan tidak bisa digunakan untuk keperluan lain.

Lalu lanjut dia, juga untuk mengantisipasi pemalsuan suket, pihaknya akan melengkapi suket dengan pengaman barcode. “Suket ini sudah diberikan barcode jadi gak bisa digunakan sembarang orang karena sudah dilengkapi pengamanan,” tegasnya.

Bagi warga Depok yang telah memiliki hak pilih diimbau, agar segera melakukan perekaman e-KTP. Pasalnya, untuk merekam e-KTP bisa dilakukan dikelurahan setempat tanpa harus ke kantor Disdukcapil.

“Warga Kota Depok yang telah memiliki hak pilih tetapi belum melakukan perekaman e-KTP agar segera merekam. Pasalnya, salah syarat bagi pemilih pada Pilgub kali ini harus memiliki e-KTP atau suket,” tutup Munir.(irw)

You may also read!

150 Pelajar Diare Massal, Dinkes Depok: Tunggu Hasil Lab 14 Hari

DEPOK – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pondok Duta, tengah dirundung musibah. Sejak Rabu (10/10) hingga kemarin, sekolah di

Read More...

Depok Masuk 10 Besar Smart Sanitation

DEPOK – Warga Depok mesti tahu ini. Ternyata kemarin, Kota Depok masuk 10 nominasi Smart Sanitation Award 2018 (SSA)

Read More...

Kajian Ganjil-Genap Depok Lelet

DEPOK – Gaung penerapan sistem ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, saat weekend sabtu dan minggu sepertinya hanya angan-angan saja.

Read More...

Mobile Sliding Menu