Daging Diatas HET, Disdagin Depok Meradang

In Metropolis
IRWAN/RADAR DEPOK
CEK HET : Disdagin Kota Depok saat melaksanakan sidak di salah satu supermarket di kawasan Jalan Margonda, kemarin.

DEPOK – Dinas Perdagangan dan Perindistrian (Disdagin) Depok terus mengawasi kenaikan harga yang tak wajar. Kamis (24/5), sejumlah supermaket di Kota Depok jadi sasaran inspeksi mendadak (Sidak). Hasilnya,  daging diatas harga eceran  tertinggi (HET), sementara sisanya : ayam, telur, minyak, beras, daging sapi beku, dan gula dibawah HET.

Kepala Disdagin Kota Depok, Kania Parwanti mengatakan, sidak ini dilakukan secara mendadak ke supermaket yang ada di Depok. Sidak ini kata dia, sesuai adanya aturan baru dari Menteri Perdagangan No58 Tahun 2018, tentang harga eceran tertinggi. “Surat peraturan ini keluar pada 2 Mei tahun ini,” ucap Kania kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Kegiatan ini untuk memastikan harga produk yang di aturan menteri tersebut. Apakah sudah sesuai HET atau belum.

Dari sidak di dua supermaket di Jalan Margonda tidak ditemukan barang produk kadarluasa. Namun, kata dia, masih ada saja supermaket yang menjul produk yang tidak sesuai HET yang ditentukan oleh pihak supermaket. Seperti harga daging dijual tak sesuai HET.

Untuk itu, pihaknya akan mengecek kembali, jika tidak ada perubahan maka akan diberikan sanksi dengan dilaporkan ke pihak Menteri Perdagangan. “Kami berikan surat teguran tebusan langsung dari Kemendag,” tegas Kania.

Namun, harga produk lainya sesuai HET yang ada di supermaket yang dilakukan sidak oleh tim dari Disdagin Kota Depok.

Kata dia lagi, supermaket yang masih menjual diatas HET karena belum mengetahui surat peraturan dari Menteri Perdagangan tersebut. “Harga diatas HET di supermaket karena ketidak tahuan mereka. Tapi kami akan cek lagi kalau belum dirubah akan kami berikan surat,” kata dia.

Kepala Bidang Perdagangan Disdagin Depok, Anim Mulyana mengatakan, hampir semua harga sesuai aturan Mentri Perdangangan no 58 tahun 2018 sesuai HET. Seperti harga telur perkilogramnya Rp22 ribu, daging sapi beku perkilogram Rp80 ribu, ayam perkilogram Rp38 ribu. “Harganya sudah sesuai HET, ada yang tidak hari itu juga diturunkan sesuai HET,” pungkasnya. (irw)

You may also read!

Analis Sebut Ganjil-Genap Bagus

DEPOK – Ganjil-genap di Jalan Margonda Raya saat sabtu dan minggu, dianggap sangat tepat. Adanya penerapan sistem tersebut akan

Read More...

Siluet Presiden Bertebaran di Kampung Lio Depok

DEPOK – Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Mungkin itu pesan yang disampaikan warga Kampung Limo, via gambar siluet. Menyambut hari

Read More...

Suami Lakoni Delapan Adegan Bunuh Istri

DEPOK – Warga di Jalan Ciherang, Kelurahan Sukatani, Tapos, tepatnya di kontrakan tempat Risma Sitinjak tewas, ramai dipadati warga.

Read More...

Mobile Sliding Menu