Berburu Lemang Menu Khas Berbuka Warga Depok

In Satelit Depok, Wisata dan Kuliner
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
FAVORIT UNTUK BERBUKA: Penjual menata Lemang Bambu dagangannya di kawasan Jalan Juanda, kemarin (25/5). Makanan tersebut menjadi salah satu favorit untuk berbuka puasa dan dijual dari harga Rp25.000-Rp50.000.

DEPOK – Lemang menjadi salah satu makanan yang khas dihidangkan saat buka puasa Ramadan. Lokasi favorit yang selalu menjadi incaran pemburu lemang, yaitu di Jalan Juanda, Kecamatan Sukmajaya, Depok.

Seroang penjual lemang, Hasmin Rambe (54) mengaku, selama Ramadan usahanya berjualan lemang mengalami peningkatan.

“Hari biasa yang terjual 10-20 batang, sedangkan di bulan suci Ramadan ini lemang yang saya jual bisa habis 20-30 batang. Malah menjelang lebaran bisa sampai 500 batang,” ungkap Hasmin kepada Radar Depok yang ditemui di lokasi.

Hasmin menyebutkan, peningkatan penjualan tersebut lantaran lemang buatannya memiliki rasa yang berbeda, gurih, cocok dipadankan dengan panganan apapun. “Lemang ini bisa dimakan dengan kolak, durian, tapai ketan hitam. Bahkan, dengan rendang,” kata Hasmin.

Untuk harga, Hasmin menjual lemangnya mulai dari Rp25 ribu hingga Rp50 ribu per batang. “Harganya sangat variatif, tergantung ukuran diameter cetakan bambunya,” ucap Hasmin.

Selain itu, Hasmin juga mengatakan bahwa proses pembuatan lemang tidaklah sulit. Hanya memerlukan kesabaran dan keuletan.

“Bahannya cuma beras ketan, santan dan garam. Setelah direndam dan dikeringkan, ketan dicampur santan. Kemudian dimasukkan ke bambu yang telah dilapisi daun pisang. Setelah itu, tinggal dibakar selama 3 jam sambil dibalik sekali-sekali,” pungkas Hasmin. (mg2)

You may also read!

Prediksi Tunisia vs Inggris

RUSIA – Inggris bakal lakoni laga pertama di Piala Dunia 2018 dengan tidak mudah. Bukan maksud menyepelekan komposisi pasukan

Read More...

Jadwal Piala Dunia 2018 Malam Ini

RUSIA – Perhelatan akbar Piala Dunia 2018 Rusia sudah memasuki hari ke-5. Sesuai jadwal Piala Dunia 2018, Senin (18/6/2018)

Read More...

13 Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia

RUSIA – Selain Brasil di Piala Dunia 1958 dan 1962, belum ada lagi negara yang sukses mempertahankan gelar juara

Read More...

Mobile Sliding Menu