Akan Tambah Posmaja di Cilodong, Kota Depok

In Satelit Depok, Wilayah Depok
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
FOTO: dr Ambar Wijajanti, Kepala UPT Puskesmas Cilodong

DEPOK – Guna menyediakan wadah komunitas sehat bagi generasi muda di Kecamatan Cilodong, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Cilodong akan terus menambah Posyandu Remaja (Posmaja) di tahun 2018. Penambahan Posmaja juga sebagai upaya dalam mendukung Depok sebagai Kota Layak Anak (KLA).

Kepala UPT Puskesmas Cilodong, dr Ambar Wijajanti mengatakan, sebelumnya di wilayahnya sudah memiliki 15 Posmaja. Untuk itu, di tahun ini, pihaknya berencana menambah lima Posmaja lagi di Cilodong.

“Saat ini kami masih menunggu bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat yang masih dalam proses. Anggaran yang digunakan di Posmaja ini berasal dari DAK,” ujarnya.

Dikatakannya, pengadaan Posmaja sebagai upaya mewujudkan wadah komunitas sehat bagi remaja. Sebab, sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 43 tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) bahwa penduduk usia 15-59 tahun khususnya usia remaja harus mendapatkan pelayanan kesehatan setiap bulan di Posmaja.

“Lewat Posmaja ini, para remaja diberi berbagai pengetahuan mengenai pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi, narkoba, psikotropika, dan zat adiktif (Napza), serta mengenai pentingnya menerapkan gaya hidup sehat bagi remaja,” jelasnya.

Terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan di setiap Posmaja. Di antaranya pemeriksaan kesehatan, pengukuran tinggi badan dan berat badan, pemeriksaan hemoglobin (HB) dan konseling.

“Jadi, melalui berbagai kegiatan tersebut, kesehatan remaja dapat terus terpantau. Misalnya, pemeriksaan HB, jika ada remaja yang memiliki HB rendah kami akan intervensi dengan pemberian zat besi,” tutupnya. (dra)

You may also read!

21 Ban Bus Deborah Digarong

DEPOK – Po Deborah kehilangan 21 ban bus baru di Jalan KSU, Sabtu (18/8) sekira pukul 04:07 WIB. Namun

Read More...

Miras Rp252 Juta Diratakan di Balaikota Depok

DEPOK – Pemabuk Kota Depok harus puasa alkohol sejak Mei-Agustus. Keladinya kemarin, sebanyak 10.108 botol miras dan 40 kantong

Read More...

Pemkot Depok Serahkan Rp400 Juta Untuk Lombok

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, menyalurkan bantuan kepada korban bencana gempa bumi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat

Read More...

Mobile Sliding Menu