Wayang Golek Fabel Hibur SDN Tanah Baru 1 Depok

In Pendidikan, Satelit Depok, Wilayah Depok
PEBRI/RADAR DEPOK
KREATIF TRADISIONAL: Puti Indah Pertiwi siswa SMPN 3 Depok yang menjadi dalang Wayang Golek Fabel di SDN Tanah Baru 1. (INSERT) Kepala SDN Tanah Baru 1, Engkoy Rukoyah dan Ketua K3S SD Kota Depok, Dadi Mulyadi dengan Puti Indah Pertiwi.

DEPOK – Siswa-siswa SDN Tanah Baru 1 mendapatkan suguhan hiburan edukasi dari sekolahnya. Dimana, ratusan siswa di SDN yang berlokasi di Jalan Karya Bakti, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji menyaksikan penampilan Wayang Golek Fabel yang didalangi oleh Puti Indah Pertiwi siswa SMPN 3 Depok.

Kepala SDN Tanah Baru 1, Engkoy Rukoyah mengatakan, penampilan Wayang Golek Fabel adalah hiburan edukasi untuk siswa, tentang ciri khas dari Jawa Barat. Siswa-siswa disuguhkan penampilan wayang golek dengan bahasa Sunda.

“Siswa dikenalkan dengan seni dan budaya Sunda yang merupakan ciri khas Jawa Barat,” ucapnya.

Engkoy menjelaskan, pihaknya memang sengaja memberikan edukasi dengan cara hiburan. Bahkan, wayang golek yang dimainkan dalang, berkarakter hewan, sehingga lebih mudah diterima oleh siswa. Setelah penampilan wayang golek tersebut, siswa juga diberikan penjelasan tentang makna atau pesan yang disampaikan dalam cerita tersebut.

“Siswa tidak melulu harus mendapatkan pembelajaran di dalam kelas, mereka bisa mendapatkan pesan pendidikan dalam berbagai hal,” terangnya.

Sementara itu, Ketua K3S SD Kota Depok, Dadi Mulyadi yang hadir dalam acara tersebut menuturkan, pendidikan itu bisa disampaikan dengan dongeng, dan akan lebih menarik jika dongengnya disampaikan dengan media atau alat. Karena, akan lebih menarik dan menyenangkan untuk diterima anak-anak di jenjang pendidikan SD.

“Wayang Golek Fabel ini adalah inovasi dan kreatif dalam dunia pendidikan yang dinamis. Jadi, harus banyak terobosan dalam penyampaian edukasi ke siswa. Mereka menyimak, berbicara, menulis, membaca dan sastra, jadi ada lima kemampuan sekaligus dalam pembentukan karakter,” terangnya. (peb)

You may also read!

Gerai Salon Cantik Hadir di Depok, Harga Promo Creambath Rp49 Ribu

DEPOK – Gerai Salon Cantik Depok yang beralamat di Jalan Margonda Raya, Kemirimuka  (Seberang Hotel Bumi Wiyata) Depok, hadir

Read More...

Harkopnas ke-71, Reformasi Koperasi

DEPOK – Guna meningkatkan kualitas, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkomitmen untuk membantu melakukan reformasi total terhadap koperasi yang ada di

Read More...

Syafana Depok Rambah Penjualan Online

DEPOK – Syafana Fashion and Craft, anggota dari Usaha Kecil Menengah Pertanian (UKMP) Kota Depok kian mengembangkan sayapnya. Tak

Read More...

Mobile Sliding Menu