Usai Genap Giliran Ganjil

In Utama
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
UJI COBA GANJIL GENAP : Sejumlah kendaraan berpelat nomor genap memasuki Gerbang Tol Cibubur 2 saat berlangsungnya uji coba penerapan sistem ganjil genap di Tol Jagorawi, Senin (16/4). Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan mulai menerapkan uji coba sistem ganjil genap di Tol Jagorawi pada gerbang tol Cibubur 2 arah Jakarta yang akan berlangsung dari Senin-Jumat pukul 06.00-09.00 WIB untuk mengurai dan mengurangi tingkat kemacetan.

DEPOK – Penerapan uji coba sistem ganjil genap pada hari pertama, Senin (16/4) di tol Jagorawi, khususnya di Gerbang Tol (GT) Cibubur 2 tepat di perbatasan antara Kelurahan Harjamukti Kecamatan Cimanggis dengan Jakarta Timur berlangsung lancar.

Uji coba dilakukan pada pukul 06.00 hingga 09.00 wib. Pada uji coba tersebut, satuan lalu lintas Polresta Depok turut menyortir kendaraan berpelat nomor ganjil di ruas menuju underpass Cibubur yang akan memasuki gerbang tol.

Kanit Lantas Polsek Cimanggis, AKP Sulani mengatakan, sebagian wilayah yang terkena dampak ganjil genap yakni Harjamukti, Cimanggis Kota Depok. Guna pengamanan di jalur sistem ganjil genap ini diturunkan 25 personel gabungan. Yakni dari Dishub, Polresta Depok, Polsek Cimanggis, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian RI dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

“Ada juga bantuan 10 personel dari Polres Bogor. Untuk wilayah Kota Depok hanya satu titik yang dilakukan pengamanan jalur ganjil genap,” ungkap Sulani kepada Radar Depok, kemarin (16/4).

Sulani menuturkan, secara umum kondisi arus lalu lintas lancar Jalan Alternatif Cibubur pada hari pertama pemberlakuan ganjil genap tersebut. Lanjutnya, tidak ada sedikitpun penumpukan kendaraan pada titik-titik tertentu.

“Kondisi sangat lancar, masyarakat juga terlihat antusias, karena kebijakan tersebut tidak memberikan dampak macet,” tuturnya.

Selain itu lanjut Sulani, penerapan kebijakan ganjil genap pada hari pertama hanya diperkenankan bagi kendaraan yang memiliki pelat nomor genap. “Bagi kendaraan yang berpelat ganjil langsung di arahkan untuk mengambil jalur lain,” jelasnya.

Adapun jalur-jalur yang dapat dipergunakan terkait kebijakan tersebut sambung Sulani, diantaranya Jalan Raya Bogor, Cimanggis, Cisalak dan sebagainya. Namun, kata Dia, untuk mempersingkat jarak, pengendara dapat menggunakan jalur Tol Bogor dan masuk kembali melalui tol Cimanggis.

“Alternatif lain yang dapat dipergunakan yakni Jalan Kranggan tembus pondok gede, Atau lewat jalan raya Cibubur, Jalan Raya Bogor juga bisa. Dan untuk yang dari arah Cileungsi lewat tol Leuwinanggung juga bisa langsung ke Jakarta,” tandasnya. (dra)

You may also read!

850 Restoran di Depok Belum Bayar Pajak, Dewan: Perlu Pendekatan Persuasif

DEPOK – Guna mengetahui sebuah restoran belum membayar pajak, dan upaya meningkatkan pendapatan daerah dari sektor tersebut, pada 2019

Read More...

Pohon Natal Setinggi 15 Meter Sambut Pengunjung Mall

DEPOK – Memasuki libur panjang anak sekolah, Hari Natal (25/12), serta tahun baru, sejumlah pusat perbelanjaan dan hiburan di

Read More...

Pasokan Listrik Natal-Tahun Baru Aman

DEPOK – PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Barat (TJBB) memastikan akan menjaga pasokan listrik di Jawa Barat dan

Read More...

Mobile Sliding Menu