Sisa Kuota Mahasiswa Baru UI 6.140

In Utama

DEPOK – Siswa yang gagal masuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018 di Universitas Indonesia (UI), jangan khawatir. Universitas yang terletak di Kota Depok ini masih menyiapkan kuota dari dua jalur : Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan SIMAK UI.

“SNMPTN sudah kita umumkan hasilnya hari ini (kemarin), bisa dilihat di halaman web http://pengumuman.snmptn.ac.id atau http://snmptn.ui.ac.id,” kata Kepala Humas UI Rifelly Dewi Asusti, kepada Radar Depok, kemarin.

Sementara, untuk registrasi mahasiswa yang lulus pada SNMPTN UI 2018 bisa dicek secara online. “Ke halaman http://penerimaan.ui.ac.id dengan mengisikan nomor peserta SNMPTN,” sebut dia.

Rifelly menjelaskan, di tahun ini UI menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur penerimaan. Diantaranya, SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan SIMAK UI atau jalur Mandiri. Untuk SBMPTN periode pendaftaran sampai 27 April, menerima 3.679 mahasiswa. SIMAK UI S1 kelas Paralel menerima 1.044 mahasiswa, dari ribuan tersebut dibagi dua jalur. Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) sebanyak 539 mahasiwa dan SIMAK ada 505 mahasiswa. Sementara, Program S1 Kelas Internasional ada 477 mahasiswa, terdiri dari talent scouting sebanyak 196 mahasiswa dan SIMAK KKI ada 281. Di program vokasi sebanyak 940 mahasiswa, yang terdiri dari PPKB ada 700 mahasiwa dan SIMAK 240 mahasiswa.

Rifelly melanjutkan, bagi mahasiswa yang dinyatakan diterima di UI melalui SNMPTN 2018, harus segera melakukan konfirmasi registrasi melalui laman penerimaan.ui.ac.id. “Selambatnya 23 April 2018 serta melakukan registrasi administrasi pada 8 Mei,” kata dia.

Untuk alur melakukan registrasi calon mahasiwa bisa konfirmasi pilihan kelas, wajib dilakukan secara online di laman penerimaan.ui.ac.id paling lambat 23 April 2018 sampai puku 23.59 WIB.

“Pembayaran Pendidikan melalui ATM/Teller Bank BNI, ATM Permata, ATM/Teller CIMB Niaga, ATM Bukopin, Teller BTN, ATM/Teller Mandiri dan ATM BRI dengan menggunakan NPM yang diperoleh saat pengumuman hasil SNMPTN periode pembayaran 18 April-7 Mei 2018,” kata dia.

Saat memverifikasi, kata Rifelly, para calon mahasiswa baru diwajibkan hadir dan tidak dapat diwakilkan pada 5-7 Mei 2018 di Balairung UI Kampus Depok, dengan membawa berkas-berkas yang sudah ditetapkan.

Berkas-berkas itu, Kartu Tanda Peserta SNMPTN tahun akademik 2018/2019, Rapor asli dan satu salinannya yang sudah dilegalisasi, Surat Tanda Kelulusan asli dan satu salinannya yang sudah dilegalisasi, satu lembar fotokopi Akta Kelahiran, satu lembar fotokopi Kartu Keluarga, Surat Pernyataan bermaterai sebagai Mahasiswa Universitas Indonesia (sesuai format yang diunduh dari sistem), Surat Pernyataan bermaterai Biaya Pendidikan (sesuai format yang diunduh dari sistem), serta fotokopi kartu peserta BPJS Kesehatan (bagi yang sudah memiliki) atau kartu asuransi kesehatan lainnya.

Bagi siswa dengan bidang studi IPA, lanjut Riffely, diharapakan hadir Registrasi pada 8 Mei 2018 pukul 8.00–12.00 WIB. Bagi siswa dengan bidang studi IPS, dilakukan di hari yang sama selambatnya hadir pukul 12.00–16.00 WIB. “Informasi lebih lengkap dapat mengakses twitter @univ_indonesia,” tandasnya.(cr3)

You may also read!

Netizen Lambungkan Tagar #BubarkanBanser, Buntut Pembakaran Bendera Tauhid

JAKARTA – Video aksi pembakaran bendera tauhid oleh oknum Banser di Garut yang viral di media sosial, menjadi pembicaraan hangat

Read More...

MUI: Kenapa Banser Akhir-akhir Ini Sering buat Masalah?

JAKARTA – Pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid yang sejak kemarin viral di media sosial, telah memancing kecaman dari berbagai

Read More...

Viral Video Banser Bakar Kalimat Tauhid, “Ini Penodaan Agama”

JAKARTA – Viralnya video aksi membakar bendera hitam bertuliskan kalimat Tauhid yang diduga dilakukan belasan anggota Banser Garut dinilai

Read More...

Mobile Sliding Menu