SiDU Ajak Siswa Gemar Baca-Menulis

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
GIAT BELAJAR: Ratusan siswa SDSN Perjuangan Terpadu fokus memperhatikan arahan yang diberikan Tim SIDU saat acara “Ayo Menulis” di aula sekolah, kemarin (16/4).

DEPOK – Minat membaca dan menulis anak sudah mulai terkikis semenjak munculnya gadget. Agar hal itu tidak dialami siswa SD Standar Nasional (SDSN) Perjuangan Terpadu, kemarin (16/4), pihak sekolah bekerja sama dengan Sinar Dunia (SiDU) mengadakan acara mendongeng dan lomba menulis.

Acara tersebut digelar di aula sekolah yang berlokasi di Jalan Harapan, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoranmas. Dengan diikuti 282 siswa dari kelas III hingga V.

Penanggung Jawab Acara dari SIDU, Rani Riani mengatakan, tujuan kegiatan tersebut guna mengisi aktivitas sehari-hari anak disamping rutinitasnya bermain gadget. Seperti, membaca dan menulis cerpen selama 21 hari.

“Anak sekarang apa-apa sudah gadget, minat menulisnya sudah sangat minim. Jadi kami adakan kegiatan ini supaya terbiasa dengan menulis di buku tulis bukan di gadget,” kata Rani kepada Radar Depok.

Rani menjelaskan, kegiatan tersbeut bukan hanya dilakukan satu hari saja melainkan selama 21 hari. setiap harinya seluruh siswa membuat cerita aktivitas sehari-hari sampai menceritakan tentang asian games 2018 di buku yang diberikan oleh SIDU.

“Jadi kami berikan mereka buku “Ayo Menulis” yang dikerjakan selama 21 hari, nanti setiap minggunya tim kami akan datang memeriksa buku anak apakah setiap harinya mereka kerjakan atau tidak,” jelasnya.

Kemudian, setelah para siswa menulis selama 21 hari dan dinilai oleh tim dari SIDU, dipilih 10 anak yang menulis cerpen terbaik untuk dilombakan bersama perwakilan 100 sekolah lain yang bekerjasama dengan SIDU.

“Bukan hanya anaknya, tetapi guru dan orangtua juga kami nilai. Karena dengan dukungan mereka anak-anak pasti akan semakin rajin dan terbiasa untuk menulis dan membaca,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala SDSN Perjuangan Terpadu, Rita Marliana menyampaikan, pihak sekolah menyambut baik kedatangan tim SIDU untuk mengajak siswa-siswanya membaca dan menulis cerpen.

“Kegiatan ini sangat positif, karena dengan begitu anak jadi terbiasa menulis, sekaligus dapat meningkatkan kemampuan menulis dan mengasah saraf kognitif yang berperan membentuk kreativitas mereka,” katanya. (cr3)

You may also read!

Maritza Juara 1 Lomba Baca Puisi di Depok

DEPOK – Proses tidak akan menghianati hasil. Kata-kata tersebut cocok untuk salah satu siswa SD Islam Terpadu (SDIT) Miftahul

Read More...

Pencak Silat SMKN 2 Depok Sabet Emas

DEPOK – Satu lagi torehan prestasi yang berhasil diukir siswa SMKN 2 Depok. Sebanyak 12 siswa yang diberangkatkan untuk

Read More...

Kemendikbud Ulas Buku di SDIT Al Haraki di Depok

DEPOK – Kemarin (18/4), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan UNICEF mendatangai SDIT Al Haraki. Kedatangan mereka bertujuan untuk

Read More...

Mobile Sliding Menu