Hari Pertama Alami Gangguan

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
FOKUS: USBN di SMP Islam Al Muhajirin kemarin (16/4), berjalan tertib.

DEPOK – Hari pertama Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SMP, kemarin (16/4), mengalami gangguan teknis. Soal yang akan disebar ke SMP swasta dengan koordinator MKKSMP Swasta tertukar dengan soal Ujian Sekolah (US) jenjang SD.

Hal tersebut membuat kebingungan perwakilan dari SMP swasta, dengan mendatangi SMP Islam Al-Muhajirin yang berlokasi di Jalan Nusantara Raya, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, yang menjadi titik pengambilan soal.

“Iya benar memang ada kesalahan. Tapi itu dari pihak percetakan soalnya. Jadi semalam pihak percetakan konfirmasi ke kami, bahwa ada sekolah yang soal SD kebawa ke map tersebut,” kata Ketua MKKSMP Swasta Kota Depok, Nina Herlina kepada Radar Depok.

Kesalahan soal tersebut terjadi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Soal-soal tersebut sudah sampai di SMP Al-Muhajirin yang kemudian langsung Sabtu sore didistribusikan ke MKKSMP kecamatan.

“Kami kan tidak tahu mana saja yang salah. Akhirnya kami infokan langsung ke semua sekolah untuk mengumpulkan kembali soal-soal tersebut untuk dicek, dan ternyata memang ada yang salah,” ungkapnya.

Setelah mengetahui adanya kesalahan tersebut, lanjut Nina, pihaknya langsung cepat tanggap untuk mengantisipasi kekacauan waktu pelaksanaan ujian. Mengingat jam ujian dimulai pukul 07:30.

“Jadi langsung tuh paginya jam 5 kami berikan soal yang sebenarnya kepada sekolah-sekolah yang terjadi kesalahan. Untungnya tidak banyak, hanya beberapa sekolah. Jadi langsung dibawa ke sekolah sama mereka,” lanjutnya.

Walau pun terdapat kendala teknis, namun tidak sampai mengacaukan waktu pelaksanaan ujian di setiap sekolah. “Untung pihak sana menghubunginya malam, coba kalau pagi bisa fatal urusannya. Tapi alhamdulillah sudah diganti semuanya, sehingga berjalan dengan aman dan lancar,” kata Nina. (cr3)

You may also read!

Disdukcapil Kota Depok Bakar 30 Ribu Blangko e-KTP Rusak

DEPOK – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok memusnahkan 30 ribu blangko Elektronik KTP di Balaikota Depok,

Read More...

Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok, Disdagin Depok Operasi Pasar

DEPOK – Mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI)

Read More...

NU Depok Serukan Perkuat Kebinekaan

DEPOK – Plt Ketua PC NU Kota Depok, Ahmad Solechan menyerukan ajakan untuk memperkuat kebinnekaan dan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.

Read More...

Mobile Sliding Menu