Hari Pertama Alami Gangguan

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
FOKUS: USBN di SMP Islam Al Muhajirin kemarin (16/4), berjalan tertib.

DEPOK – Hari pertama Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SMP, kemarin (16/4), mengalami gangguan teknis. Soal yang akan disebar ke SMP swasta dengan koordinator MKKSMP Swasta tertukar dengan soal Ujian Sekolah (US) jenjang SD.

Hal tersebut membuat kebingungan perwakilan dari SMP swasta, dengan mendatangi SMP Islam Al-Muhajirin yang berlokasi di Jalan Nusantara Raya, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas, yang menjadi titik pengambilan soal.

“Iya benar memang ada kesalahan. Tapi itu dari pihak percetakan soalnya. Jadi semalam pihak percetakan konfirmasi ke kami, bahwa ada sekolah yang soal SD kebawa ke map tersebut,” kata Ketua MKKSMP Swasta Kota Depok, Nina Herlina kepada Radar Depok.

Kesalahan soal tersebut terjadi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Soal-soal tersebut sudah sampai di SMP Al-Muhajirin yang kemudian langsung Sabtu sore didistribusikan ke MKKSMP kecamatan.

“Kami kan tidak tahu mana saja yang salah. Akhirnya kami infokan langsung ke semua sekolah untuk mengumpulkan kembali soal-soal tersebut untuk dicek, dan ternyata memang ada yang salah,” ungkapnya.

Setelah mengetahui adanya kesalahan tersebut, lanjut Nina, pihaknya langsung cepat tanggap untuk mengantisipasi kekacauan waktu pelaksanaan ujian. Mengingat jam ujian dimulai pukul 07:30.

“Jadi langsung tuh paginya jam 5 kami berikan soal yang sebenarnya kepada sekolah-sekolah yang terjadi kesalahan. Untungnya tidak banyak, hanya beberapa sekolah. Jadi langsung dibawa ke sekolah sama mereka,” lanjutnya.

Walau pun terdapat kendala teknis, namun tidak sampai mengacaukan waktu pelaksanaan ujian di setiap sekolah. “Untung pihak sana menghubunginya malam, coba kalau pagi bisa fatal urusannya. Tapi alhamdulillah sudah diganti semuanya, sehingga berjalan dengan aman dan lancar,” kata Nina. (cr3)

You may also read!

Puluhan Tahun Dikubur Jasad Penghafal Alquran di Depok Utuh

DEPOK – Pemindahan ratusan jasad di TPU Kumpi Saribah Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo masih terus berlangung. Itu dilakukan imbas

Read More...

Tiba di Depok, Dua Jamaah Sakit

DEPOK – Rombongan jamaah haji kloter 75 JKS Kota Depok tiba di tanah air, dan sampai di Balaikota sekitar

Read More...

Pengamat Politik: MA Abaikan Moralitas Bernegara

DEPOK – Mahkamah Agung (MA) akhirnya (13/9) memutuskan bahwa PKPU No 20 tahun 2018 yang melarang mantan koruptor menjadi

Read More...

Mobile Sliding Menu