Demi Desari 117 Makam di Depok Dibongkar

In Utama
PJB FOR RADAR DEPOK
MAKAM DIBONGKAR : Lurah Pangkalanjati Baru, Sugianto melihat jalanmnya pembongkaran makam di Jalan Andara RT3/3 Kelurahan Pangkalanjati Baru, Cinere kemarin.

DEPOK – Selama sepekan ini jangan heran jika warga di Jalan Andara RT3/3 Kelurahan Pangkalanjati Baru (PJB), Cinere membawa tulang belulang. Keladinya, akibat pembangunan Tol Depok-Antasari (Desari), sedikitnya 117 lubang kuburan dipindahkan ke makam yang berdekatan dengan sebelumnya.

Lurah Pangkalanjati Baru, Sugianto menuturkan, pemindahan jasad ini sudah berlangsung selama tiga hari. Ditargetkan pemidahannya sampai sepekan. Makam yang sudah dibebaskan untuk makam kembali, kira-kira seluas 285 meter. Itupun letaknya tidak jauh dari makam sebelumnya.

Pembebasan untuk makam juga, kata lurah sudah dilakukan Tol Desari. Luas yang dibebaskan sekitar 286 meter. Selama tiga hari baru lima keluarga yang menemukan makam leluhurnya. Saat membongkar, umumnya jasad sudah menjadi tulang belulang, dan ada juga sudah jadi debu. “Sejauh ini baru lima keluarga, besok (hari ini) akan dilanjutkan kembali,” terang Sugianto kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Sementara, Kapolsek Limo, Kompol Muhamad Iskandar mengatakan, anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Pangkalanjati Baru Aiptu Jarot dan Kanit Binmas Polsek Limo Iptu Sarewan, membantu masyarakat dalam proses pemindahan makan imbas terkena proyek galian tol Desari.

“Penggalian makam baru berjalan, hasilnya menggali sebanyak 25 lubang dari 117 lubang kuburan, yang akan dipindahkan ke makan keluarga dekat dari lokasi semula,” ujarnya.

Iskandar mengaku, makam yang dibongkar merupakan makan keluarga H. Saba bin Sabung di Jalan Andara RT3/2, Pangkalanjati. Menurutnya, partisipasi anggota dalam membantu para tokoh masyarakat dan tiga pilar, sebagai bentuk kedekatan polisi dengan masyarakat. “Kami kapan pun dan dimana pun siap membantu,” tandasnya.(hmi)

You may also read!

Bali Bukan buat Liburan Sib…

BANDUNG – Persib Bandung akan melakoni laga tandang ke markas Bali United pada lanjutan Go-Jek Liga 1, pekan ke-11,

Read More...

Tim Thomas Indonesia Tembus Semifinal

BANGKOK–Tim Thomas Indonesia lolos ke babak semifinal Thomas-Uber Cup 2018 usai menaklukkan rival abadi, Malaysia di fase perempat final.

Read More...

Sebelum Catatan Amal Kita Terima

Oleh: H. Budi Subandriyo (Sekretaris DPD LDII Kota Depok) DEPOK – Ramadan tahun ini, sebagian besar putra-putri- kita tidak

Read More...

Mobile Sliding Menu