500 Pelaku UMK Depok Direkrut

In Metropolis

DEPOK – Dinas Koperasi dan UMKM (DKUM) Kota Depok menargetkan rekrut 500 pelaku usaha di 2018. Khususnya bagi para pelaku usaha produksi pangan.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Menegah Kecil (DKUM) Depok, Fitriawan mengatakan, pembinaan para palaku usaha pangan ini bertujuan agar produk yang dihasilkan aman atau nyaman dikonsumsi masyarakat.

“Dalam hal ini kami mengandeng Dinas Kesehatan untuk mengecek kelayakan produk pangan dihasilkan pelaku UKM,” kata Fitriawan, kepada Radar Depok, kemarin.

Pembinaan para pelaku usaha UKM ini sudah dilakukan lama, namun untuk intensif data sudah dilakukan pada 2017 lalu.

Dijelaskan dia, para pelaku usaha diberikan pelatihan dalam mengemas sebuah produk. Tapi sebelumnya, Dinas Kesehatan Depok yang menguji kelayakan produk yang dihasilkan.

Jika sudah diberikan sertifikat oleh Dinas Kesehatan, maka produk yang pelaku UKM ini layak untuk dikonsumsi masyarakat.

“Kami DKUM Depok hanya memfasilitasi pelaku usaha kecil,” ucapnya.

Semisalnya sambung Fitriawan, DKUM Depok memberikan jalan untuk pelaku usaha kecil untuk berkembang dengan memfasilitas pihak perbakan dan lainya.

“Sudah berjalan dan kami lakukan, contohnya mengundang perbankan seperti BJB dan lainya,” kata Fitriawan.

Diketahui untuk pendaftaran dilakukan di DKUM dengan persyaratan membawa foto copy KTP dan surat izin usaha dari pihak kelurahan. “Kami harapkan pelaku usaha di Depok mendaftarkan, kami menargetkan 500 UKM di Depok di tahun ini,” ujarnya.

Tidak hanya DKUM dan Dinkes Depok menjaga kemanana produk dihasilkan para pelaku usaha kecil khusus pangan di Depok.

Dinas Peradangan dan Perindustrian (Disdagin) Depok pun juga ikut serta memfasilitasi pembuatan sertifikat halal bagi para pelaku industri kecil dan menegah (IKM).

Diketahui pada 2017 lalu sudah ada 30 IKM yang mendapatkan sertifikat halal. “Kami hanya fasilitasi saja,” ucal Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Depok, Martinho Vas.

Sertifikat halal perlu guna memberikan jaminan mutu produk yang dihasilkan para pelaku IKM di Kota Depok.

Untuk mendapatkan sertifikat halal, kata dia, para pelaku IKM harus melengkapi berkas permohonan halal ke Disdagin. Lalu setelah itu akan ditindaklanjuti ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat.

“Jenis produk yang kita fasilitasi mendapatkan sertifikat halal ini beragam. Tapi kebanyakan para pelaku IKM makanan dan minuman,” sambungnya.

Tujuan dari pemberian sertifikat halal memberikan jaminan kepada konsumen terhadap produk yang diproduksi di Kota Depok, bahwa produk tersebut layak untuk dikonsumsi. Selain itu, juga untuk menjamin kepastian pasar terhadap produk yang dihasilkah.

“Karena apabila produk tersebut terdapat label halal, maka akan menguntungkan baik produsen maupun konsumen yang membeli,” kata Martinho.

Kedepan, kata dia, jumlah para pelaku usaha kecil bertambah, seiring tingginya kesadaran pelaku usaha dalam mematuhi aturan yang berlaku.

“Kami berharap para pelaku IKM yang difasilitasi mendapatkan sertifikat halal dapat lolos verifikasi dari MUI,” lanjutnya.

Terpisah, Ketua Komisi B DPRD Kota Depok, Hermanto mengapresiasi langkah pemkot memberikan fasilitas sertifikat halal kepada pelaku usaha.

Karena dengan adanya sertifikat halal dapat menyakinkan para konsumen membeli makanan dan lainnya.

“Mayoritas penduduk Depok muslim, jadi perlu keyakinan pembeli bahwa makanan yang dimakan halal,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Tahun depan Disdagin harus bisa lebih banyak memberikan dan membantu membuatkan sertifikat halal. “Kami minta jangan hanya 30 orang yang dapat. Tapi bisa lebih,” katanya.(irw)

You may also read!

Prediksi Tunisia vs Inggris

RUSIA – Inggris bakal lakoni laga pertama di Piala Dunia 2018 dengan tidak mudah. Bukan maksud menyepelekan komposisi pasukan

Read More...

Jadwal Piala Dunia 2018 Malam Ini

RUSIA – Perhelatan akbar Piala Dunia 2018 Rusia sudah memasuki hari ke-5. Sesuai jadwal Piala Dunia 2018, Senin (18/6/2018)

Read More...

13 Kutukan Juara Bertahan Piala Dunia

RUSIA – Selain Brasil di Piala Dunia 1958 dan 1962, belum ada lagi negara yang sukses mempertahankan gelar juara

Read More...

Mobile Sliding Menu