Mainkan 250 Angklung Serentak

In Pendidikan
Dok. SEMUT-SEMUT FOR RADAR DEPOK
HARI MUSIK: 250 angklung dimainkan secara serentak pada perayaan Hari Musik Nasional, di Semut-Semut the Natural School, Jalan Industri Kapal Dalam RTM, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok.

DEPOK– Siswa, guru dan orang tua memainkan 250 angklung secara serentak pada peringatan Hari Musik Nasional, yang berlangsung di Semut-Semut the Natural School, Jalan Industri Kapal Dalam RTM, Kelapa Dua, Cimanggis, Depok.

Koordinator Level dan Penanggung Jawab Hari Musik, Nadia Isti menyebutkan, hari musik nasional ini dirayakan bertepatan dengan lahirnya sang maestro WR Supratman.

“Sekolah yang memerdekakan siswa pada proses belajar yang menyenangkan, musik, sama pentingnya dengan asupan makanan bergizi, olahraga, dan berinteraksi,” kata Nadia.

Tahun ini, Semut-Semut the Natural Schoool mengundang tim angklung dari Bandung dengan membawa 250 angklung yang dimainkan bersama siswa, guru, dan orang tua. Beragam lagu dimainkan secara interaktif, membuat harmoni nada melalui simbol-simbol yang mudah diingat dalam waktu singkat.

“Dibawakan lagu perjuangan, nasional, lagu anak, dan lagu kekinian seperti Havana,” ucapnya.

Semuanya peserta tampak bahagia, semuanya berekspresi. Termasuk tim security yang diberi kesempatan guna naik panggung dan membuat semua yang hadir menikmati alunan musik. Musik di sekolah yang asri dengan pepohonan ini bagai nada-nada kehidupan.

“Musik memiliki kekuatan di balik kata, suara, dan melodi. Ia mampu membuat kita tersenyum, meneteskan air mata, menjelajah waktu, mengajak kita berdansa, memberikan inspirasi” ungkap Nadia.

Senada, Founder Yayasan Semut Beriring, Arfi Destianti mengatakan, bagi seorang guru musik dapat menjadi salah satu senjata untuk membuka jalan bagi kreatifitas, intelegensi, dan ekspresi diri dari seorang anak. Arfi berharap, dengan musik setiap individu mengenali diri dan mimpi-mimpinya.

“Anak bangsa dapat menghargai lagu-lagu dan musik yang penuh harmoni. Terutama dari musik tradisional, yaitu angklung,” pungkasnya. (gun)

You may also read!

150 Pelajar Diare Massal, Dinkes Depok: Tunggu Hasil Lab 14 Hari

DEPOK – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pondok Duta, tengah dirundung musibah. Sejak Rabu (10/10) hingga kemarin, sekolah di

Read More...

Depok Masuk 10 Besar Smart Sanitation

DEPOK – Warga Depok mesti tahu ini. Ternyata kemarin, Kota Depok masuk 10 nominasi Smart Sanitation Award 2018 (SSA)

Read More...

Kajian Ganjil-Genap Depok Lelet

DEPOK – Gaung penerapan sistem ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, saat weekend sabtu dan minggu sepertinya hanya angan-angan saja.

Read More...

Mobile Sliding Menu