Latih 70 Atlet Muda, Pakai 5 Pelatih

In Depok Sport, Metropolis
RICKY/RADAR DEPOK
PENGARAHAN: Salah seorang pelatih Pelita Volli Club sedang memberikan pengarahan kepada pemain muda di GOR Pelita Jaya Jalan Rotan, Kelurahan Bojongsari Baru, Bojongsari.

Sejak berdiri 2005, sudah banyak hasil positif yang diraih Pelita Volli Club. Bahkan, saat ini klub voli yang bermarkas di GOR Pelita Jaya Jalan Rotan, Kelurahan Bojongsari Baru, Bojongsari ini memiliki 70 anak didik dari jenjang pendidikan sekolah dasar hingga SMA.

LAPORAN: Ricky Juliansyah

Pemain muda dari Pelita Volli Club sesauai jadwal yang ditentukan tiba di  GOR Pelita Jaya Jalan Rotan, Kelurahan Bojongsari Baru, Bojongsari, baik jalan dengan teman satu klub atau memang diantar langsung orangtua mereka.

Setelah melakukan pemanasan, seluruh bibit muda yang berpakaian olahraga dengan kombinasi warna merah dan hitam, sedang fokus mendengarkan pengarahan dari salah seorang pelatih di Pelita Jaya sebelum memulai latihan yang dijadwalkan managemen klub.

Saat ini, klub yang diketuai Riyanto sejak 2016 memiliki anak didik 70 orang mulai dari jenjang pendidikan SD hingga SMA, dimana dijadwalkan latihan tiap Rabu-Jumat pukul 16.00-20.00 WIB dan Minggu pukul 07.00 sampai dengan 13.00 WIB.

“Alhamdulillah saat ini yang berlatih sebanyak 70 orang. Materi dan porsi latihan yang diberikan jajaran pelatih sudah diprogram dengan baik. Sehingga, kemampuan pemain yang berlatih di sini dapat meningkat,” kata Ketua Pelita Volli Club, Riyanto.

Menurut Riyanto, pendidikan dasar bola voli merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap, mental, emosional, sportivitas, spiritualsosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang.

Karenannya, untuk menanamkan rasa cinta terhadap olahraga voli, Pelita Volli Club memberikan ruang tersendiri kepada pemain muda yang baru masuk agar lebih memahami serta mencintai olahraga yang awalnya bernama Mintonette dan ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

“Beda tahapan, untuk pemain yang baru bergabung dilakukan latihan penguasaan bola dan lebih banyak berlatih sendiri, tujuannya agar semakin menumbuhkan kecintaan terhadap olahraga voli,” ujar Riyanto.

Di Pelita Volli Club, porsi latihan yang diberikan pelatih sendiri berbeda tiap harinya, dimana pada latihan Hari Rabu dan Jumat lebih banyak mengulas tentang teknik bermain voli, seperti penerimaan bola, bertahan dan melakukan penyerangan. Sedangkan di Hari Minggu porsi lebih besar untuk latihan fisik.

Kata Riyanto, untuk pelatih, Pelita Volli Club tidak akan kekurangan dan tentunya mereka yang melatih di sana merupakan orang yang berkompeten dalam bidang olahraga voli. Bagaimana tidak, rata-rata, mereka semua mantan atlet jebolan Diklat Pelita Jaya.

Tidak kurang dari lima pelatih disiapkan untuk mentransfer ilmu kepada pemain muda yang berlatih di Pelita Volli Club, yakni Agus Pitono, Widodo, Chairudin (Gerri), Wibowo dan Dodi.

“Semuanya pelatih kami, hari biasa bergantian melatih anak didik. Kalau Hari Minggu baru semuanya hadir memberikan pengetahuan mereka kepada pemain. Terkait prestasi sudah cukup banyak yang kami dapatkan. Terakhir kami ikut Open Tournamen Ivory Cup di Kecamatan Limo sampai babak semi final. Itu turnamen rutin yang tiap tahun di gelar,” ucap Riyanto. (Bersambung)

You may also read!

Hindari Rekor Buruk

RUSIA – Pada pertandingan lanjutan Grup E di Piala Dunia 2018, Brasil harus bisa mengalahkan Kosta Rika, Jumat (22/6),

Read More...

Kepsek Se-Depok Dipanggil KPAI

DEPOK – Kasus kekerasan seksual terhadap 13 anak sekolah dasar oleh gurunya, digeber Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Terbaru

Read More...

Dua CCTV Nihil, Polisi Sebar Sketsa Pelaku Pelemparan Batu di Depok

DEPOK – Upaya polisi untuk mendeteksi wajah dan perawakan pelaku pelempar Raffa (9) melalui CCTV di Jalan Juanda bakal

Read More...

Mobile Sliding Menu